5 Rahasia Sukses Bocah 'Ajaib' yang Pikat Google

5 Rahasia Sukses Bocah 'Ajaib' yang Pikat Google

Virgina Maulita Putri - detikInet
Selasa, 23 Okt 2018 11:08 WIB
Coder cilik Samaira Mehta. Foto: Business Insider
Jakarta - Samaira Mehta, coder cilik yang menarik perhatian Silicon Valley, menjadi panutan banyak anak-anak seumurnya. Betapa tidak, kesuksesan board game buatan gadis berusia 10 tahun ini membuatnya dilirik Google dan Microsoft.

Sejak usia enam tahun ia belajar coding. Di umur delapan tahun, dia membuat board game pertamanya, CoderBunnyz. Sampai saat ini, ia berhasil menjual 1.000 kotak board game dan telah mengajarkan coding kepada 2.000 anak lewat workshop.



Pencapaian Mehta memang luar biasa untuk anak seumurnya. Di balik kesuksesannya, dia selalu mengingat lima nasihat penting dalam perjalanan karirnya, yang menjadi salah satu rahasia kesuksesanya.

1. Jangan takut mencoba hal baru

Mehta sangat memegang teguh moto 'jangan khawatir dengan kegagalan, tapi khawatir lah dengan kesempatan yang terlewat ketika kalian tidak mencoba'.

Menurutnya, walaupun kita tidak tahu apa hasil yang akan didapatkan, mencoba sesuatu yang baru itu lebih baik daripada nantinya menyesal karena melewatkan kesempatan tersebut.

2. Cari mentor

Menurut Mehta, mentor merupakan kunci penting untuk kesuksesan sebuah perusahaan. Dia menyamakan mentor dengan obor yang membantumu melewati terowongan gelap.

Mehta sendiri bersyukur karena selalu dikelilingi empat mentor saat memulai CoderBunnyz, yaitu ayah dan ibunya, Lorin Wilson, serta Karthi Gopalan.

5 Nasihat yang Selalu Diingat Coder Cilik Samaira MehtaFoto: CoderBunnyz


3. Kegagalan adalah kunci kesuksesan

Mehta mengambil contoh Thomas Alva Edison yang gagal 300 kali sebelum menemukan bola lampu. Menurutnya, tidak ada orang yang sukses dalam sekali percobaan, namun dengan terus mencoba tanpa putus asa, kesuksesan akan tiba pada waktunya.

4. Selalu ada waktu

Mehta sempat berpikir bagaimana ia bisa bersekolah, melakukan kegiatan ekstrakurikuler, dan tetap menjalankan bisnisnya. Tapi, karena ia senang melakukan hal-hal tersebut, maka ia yakin selalu menemukan waktu untuk melakukan berbagai hal yang disukainya.



5. Lakukan hal yang benar-benar disukai

Mehta mengatakan, jika bisnis kalian menghasilkan banyak uang tapi kalian tidak senang melakukannya, lebih baik hentikan. Karena tidak adanya passion, akan membuat bisnis kalian lambat laun terpuruk. Ia justru memilih melakukan hal yang digemari, karena sukses pasti akan datang jika kalian berusaha dengan sepenuh hati.





Tonton juga 'Ponsel Android yang Dijual di Eropa Akan Dipungut Biaya Rp 600 Ribu':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/rns)