Selasa, 23 Okt 2018 08:34 WIB

Pembunuhan Jamal Khashoggi Diinstruksikan via Skype?

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jamal Khashoggi. Foto: Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo Jamal Khashoggi. Foto: Middle East Monitor/Handout via REUTERS/File Photo
Turki - Ajudan pangeran Mohammed Bin Salman kabarnya memerintahkan pembunuhan jurnalis Jamal Khashoggi di konsulat Arab Saudi di Turki melalui layanan Skype.

Dikutip detikINET dari Reuters, ajudan tersebut adalah Saud al Qahtani yang saat ini telah dipecat oleh raja Salman bersama 4 orang lainnya karena mereka dianggap sebagai yang paling bertanggungjawab dalam pembunuhan Khashoggi.

Sumber Reuters menyatakan Qahtani hadir di ruangan konsulat Arab Saudi secara virtual melalui bantuan Skype di ponselnya, yang adalah layanan audio video milik Microsoft. Dia dikatakan terus mengejek Khashoggi lewat Skype yang dibalas ejekan pula oleh Khashoggi.



Sumber intelijen Turki menyebutkan Qahtani pula yang memerintahkan via Skype agar tubuh Khashoggi diperlakukan secara tidak manusiawi.

Sumber dari Arab Saudi dan Turki mengatakan bahwa audio dari panggilan Skype tersebut saat ini berada di tangan presiden Turki, Tayyip Erdogan. Dan pihak Turki masih menolak menyerahkannya pada otoritas Amerika Serikat.

Sebelumnya, juga beredar informasi bahwa Apple Watch yang dikenakan Khashoggi turut menjadi bukti utama kasus pembunuhan yang menyita perhatian dunia ini.

Laporan tersebut mengklaim, Apple Watch yang dikenakan Khashoggi memuat rekaman audio saat dia berada di dalam kedutaan Saudi. Rekaman audio yang didapatkan Turki disebut berasal dari iPhone Khashoggi yang berada di tangan tunangannya, yang pada hari kejadian menunggu di luar kedutaan.




Tonton juga 'Cari Jenazah Khashoggi, Turki Temukan Mobil Konsulat Saudi':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed