Kursi Roda hingga Thesis Stephen Hawking Akan Dilelang, Harganya?

Kursi Roda hingga Thesis Stephen Hawking Akan Dilelang, Harganya?

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Senin, 22 Okt 2018 16:00 WIB
Sejumlah barang peninggalan mendiang Stephen Hawking akan dilelang (Foto: Ian Waldie/Getty Images)
Jakarta - Sejumlah barang-barang yang berkaitan dengan mendiang Stephen Hawking akan dilelang. Harga estimasinya tak main-main, ada yang mencapai miliaran rupiah.

Selepas meninggalnya Stephen Hawking bulan Maret lalu, sejumlah barang-barang peninggalannya akan mulai dilelang. Salah satunya adalah kursi rodah ikonik nan canggih yang membantunya bergerak hingga berbicara.

Sebagaimana diketahui, ilmuwan legendaris itu divonis mengidap amyotrophic lateral sclerosis (ALS). Penyakit saraf tersebut muncul akibat neuron di dalam otak dan sumsum tulang mati secara perlahan. Di Indonesia, kasus ini tergolong cukup langka, tak sampai 15 ribu kejadian tiap tahunnya.

Pengidapnya akan mengalami penurunan fungsi otot sekaligus melemahkannya dalam melakukan kegiatan fisik. Hal tersebut yang dialami oleh Hawking. Sekadar informasi, ia mulai menderita ALS sejak masuk Cambridge University untuk memulai studinya dalam mengejar gelar Ph.D. Ia bahkan sempat tak melanjutkan kegiatan perkuliahan karena merasa frustrasi akan penyakitnya.




Bagaimana tidak, di usianya yang saat itu masih 22 tahun, ia divonis hanya memiliki jatah umur beberapa tahun saja. Walau begitu, ia terus berjuang hidup dan melawan penyakitnya sampai akhirnya dipanggil di usia 76.

Salah satu usaha terbesarnya adalah membuat kursi roda yang mampu mengakomodir kebutuhannya, mulai untuk bergerak hingga berbicara. Menariknya, satu dari sekian kursi roda ikoniknya akan masuk ke program lelang.

Christie's, rumah lelang yang berpusat di London, Inggris, menjadi penyelenggara acara lelang. Baru-baru ini pihaknya mengumumkan bakal melakukan pelelangan terhadap 22 barang milik Hawking. Sebagaimana detikINET kutip dari Time, Senin (22/10/2018).

Diperkirakan, kursi roda yang dibekali komputer penghasil suara itu memiliki nilai sekitar 10.000 poundsterling sampai 15.000 poundsterling. Itu berarti, harganya berada di kisaran Rp 200 juta sampai 300 juta.




Selain itu, lelang yang akan dilakukan secara online itu juga akan menawarkan sejumlah koleksi thesis, penghargaan, serta karya ilmiah dari Hawking. Termasuk di dalamnya adalah satu dari lima cetakan thesis Ph.D Hawking di Cambridge University yang berjudul Properties of Expanding Universes.

Thesis yang diselesaiannya pada 1965 itu memiliki nilai yang bahkan lebih fantastis dari kursi roda ikoniknya. Harganya ditaksir berada di kisaran 100 ribu poundsterling sampai 150 ribu poundsterling. Berarti, karya tulisnya itu memiliki harga Rp 2 miliar sampai Rp 3 miliar.

"Thesis yang ditandatangani oleh Hawking ini merupakan tulis tangannya sendiri, yang dibuat dengan tangan gemetarnya karena sakit yang dideritanya. Ini adalah dokumen penting soal evolusi fisika dan juga sedikit cerita pribadinya," ujar Thomas Venning, Head of Christie's Books and Manuscripts Department.




Satu lagi yang cukup menarik adalah dilelangnya skrip dari salah satu episode serial legendaris The Simpson's yang memunculkan karakter Hawking di dalamnya. Selain itu, ada juga kopi dari buku A Brief History of Time yang terdapat sidik jarinya serta jaket bomber yang dikenakannya saat memproduksi film dokumenternya.

Nantinya, barang-barang koleksi tersebut akan dipamerkan di London dalam beberapa hari mulai 30 Oktober mendatang. Untuk tawaran lelang dibuka pada 31 Oktober dan tutup pada 8 November.


(mon/krs)