Jumat, 12 Okt 2018 15:49 WIB

Fitur Foto 3D Resmi Hadir di Facebook

Virgina Maulita Putri - detikInet
Fitur foto 3D resmi hadir di Facebook (Foto: Alexander Koerner/Getty Images) Fitur foto 3D resmi hadir di Facebook (Foto: Alexander Koerner/Getty Images)
Jakarta - Facebook resmi menghadirkan fitur foto 3D. Hasilnya sudah bisa dilihat di feed Facebook, tapi smartphone yang punya kemampuan untuk membuat masih terbatas.

Seperti dilansir detikINET dari TechCrunch, Jumat (12/10/2018), pengguna Facebook sudah bisa melihat hasil foto 3D di halaman Feed mereka.

Sejauh ini kemampuan membuat foto 3D tersebut masih terbatas di perangkat iPhone yang memiliki dua kamera belakang seperti 7 Plus, 8 Plus, X atau XS.
Kalau sudah memiliki ponsel yang sesuai, cara membuat foto 3D ini tak terlalu rumit. Cukup mengambil sebuah foto portrait, kemudian klik opsi foto 3D di bagian pembaruan status, pilih foto yang sudah diambil, dan bisa langsung di-post.

Pengguna lainnya dapat melihat hasil foto 3D di Feed versi mobile maupun desktop dengan mengklik, menggeser, atau menggerakkan kepala mereka untuk melihat depth persepctive-nya berubah. Selain itu, pengguna headset virtual reality (VR) juga bisa melihat lewat browser Oculus Go atau Firefox di Oculus Rift.

Untuk cara kerjanya, Facebook menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk menyatukan lapisan nyata dari foto dengan apa yang seharusnya ada ketika kalian memiringkan perspektif. Karena mode portrait menggunakan dua kamera ponsel secara bersamaan, maka perbedaan paralaks dapat digunakan untuk membuat ulang apa yang ada di belakang subjek.

Untuk membuat foto 3D yang bagus, Facebook menyarankan untuk menaruh subjek kalian sejauh satu meter dari kamera, serta memiliki sesuatu di latar belakang dan latar depan. Kemudian warna yang berbeda dapat membuat pemisahan lapisan yang lebih baik, sementara objek yang transparan dan mengkilap seperti plastik atau kaca akan lebih sulit ditangkap AI.


(krs/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed