Jumat, 12 Okt 2018 11:37 WIB

7 Jenis Thread yang Sering Viral di Twitter

Naela Inaya - detikInet
Ilustrasi Twitter. Foto: detikINET/Irna Prihandini Ilustrasi Twitter. Foto: detikINET/Irna Prihandini
Jakarta - Thread, atau tweet berantai, identik dengan cuitan pengguna Twitter yang memiliki pesan bersambung yang tidak cukup dijadikan satu tweet. Ini tujuh jenis thread yang sering viral.

Meski kini Twitter memberikan kemudahan akses untuk membuat thread, tapi istilah ini sudah ada jauh sebelum hadirnya fitur ini.

Sebelumnya, pengguna Twitter yang ingin membuat thread biasanya memberikan hashtag #kultwit sebagai awalan dari thread yang dibuat, ditambah penomoran pada setiap tweet untuk mempermudah follower membaca urutan thread yang dibuatnya.

Adanya fitur thread di Twitter dan pembatasan karakter yang diperluas dari 140 menjadi 280 karakter, membuat pengguna Twitter semakin gemar membuat thread dan tidak sedikit menjadi viral.

Berikut adalah 7 jenis thread yang sering beredar di Twitter, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitter Indonesia, Jumat (12/10/201).

1. Cerita Lucu

Salah satu thread Twitter yang sering viral yang pertama adalah yang memuat cerita lucu. Pengguna Twitter biasa menggunakan platform ini untuk menghabiskan waktu luang. Jika mencari hiburan, thread dengan cerita lucu ini mampu menjadi alternatif.


2. Tips & Trick

Dalam menghabiskan waktu luang, tidak menutup kemungkinan kita bisa berkreasi kecil-kecilan. Dalam Twitter, tips dan trik sederhana biasa dibagikan melalui thread.

Biasanya, thread tips dan trik ini bukan sekadar di-retweet, melainkan ikut di-like agar mudah ditemui di kemudian hari.


3. Kisah-kisah Horor

Tidak harus cerita lucu, hiburan bagi sebagian kalangan bisa jadi seputar cerita horor. Bagi pengguna Twitter yang pernah mengalami kejadian mistis, biasanya dibagikan dengan thread.

Thread cerita horor biasanya muncul dengan hashtag tersendiri yakni #MemeTwit. Bukan hanya seram, thread kisah horor juga membuat para pembacanya penasaran.


4. Pengembangan Diri

Ikut menjadi platform yang mudah menyebarkan informasi, thread di Twitter juga ikut menyebarkan informasi bagaimana mengembangkan diri.

Thread seperti ini di antaranya memuat tips manajemen keuangan pribadi, pesan inspiratif untuk membangkitkan semangat, atau informasi praktis yang berguna untuk kehidupan sehari-hari.

Dengan adanya gerakan anti-hoax saat ini, para pengguna berlomba berbagi beragam konten konten yang lebih positif, jujur, dan menyenangkan.


5. Kisah Hidup yang Tak Banyak Diketahui

Sempat heboh dengan 'old money' dan OKB, thread yang diberikan oleh pengguna Twitter dengan nama akun @hujandisenja menjadi contoh untuk jenis thread kisah hidup yang tak banyak diketahui.

Ini juga menjadi salah satu tanda bahwa pengguna Twitter Indonesia menyukai cerita yang memiliki gaya hidup jauh berbeda dari mereka.


6. Informasi Olahraga

Banyak penggemar olahraga berkumpul di Twitter untuk mendukung atlet maupun tim favorit mereka. Twitter memungkinkan mereka mendapatkan informasi terbaru tentang atlet atau tim idola mereka.

Dengan kekuatan para penggemar olahraga yang bersatu di Twitter, banyak momen olahraga menjadi trending topic di linimasa, misalnya saja kepindahan Ronaldo ke Juventus, Anthony Ginting (@sinisukaanthony) yang memenangkan China Open 2018 baru-baru ini.

Berbagai momen seru dari gelaran Asian Games 2018 juga viral dengan menciptakan 12 juta tweet melalui tagar #AsianGames2018, #OpeningCeremonyAsianGames2018, dan #ClosingCeremonyAsianGames2018.

Beberapa tagar populer lainnya yang digunakan penggemar olahraga untuk menunjukkan dukungan kepada tim favorit mereka antara lain termasuk #TimnasDay, #garudamuda, #ForzaJuve, #HalaMadrid, dan #GGMU.

7. Breaking News


Tak ketinggalan, jenis thread yang juga sering viral adalah breaking news. Kemudahan penyebaran informasi melalui Twitter menjadikan platform ini tempat yang pas dalam berbagi informasi baru.

Untuk mendapatkan informasi terbaru akan perkembangan kejadian tersebut, para pengguna Twitter lainnya berinisiatif untuk me-retweet thread tersebut yang mungkin bisa membantu orang-orang di sekitar kejadian tersebut.

Tonton juga 'Basmi Cyberbullying, Twitter Membeli Smyte':

[Gambas:Video 20detik]

(rns/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed