Selasa, 09 Okt 2018 18:23 WIB

Huawei Gembleng Talenta di 8 Kampus Ternama Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Huawei menggembleng para generasi muda Indonesia untuk mengasah keterampilan mereka di bidang Teknologi, Informasi, dan Teknologi (TIK). Tujuannya agar dapat bersaing di kancah internasional.

Setidaknya ada delapan perguruan tinggi di Indonesia yang diajak oleh Huawei untuk mengikuti program Smart Generation (SmartGen). Mereka pun digandeng sebagai bagian dari kemitraan Huawei ICT Academy (HAINA).

Delapan perguruan tinggi yang dimaksud adalah Universitas Gadjah Mada, Universitas Indonesia, Institut Teknologi Bandung, Universitas Padjadjaran, Universitas Diponegoro, Universitas Telkom, Universitas Teknologi Sepuluh November, dan Universitas Multimedia Nusantara.



Sebelumnya, program SmartGen ini pertama kali diadakan oleh Huawei pada 2017 dengan bekerja sama tujuh perguruan tinggi. Pada tahun ini, kemitraan dari perguruan tinggi bertambah satu.

Vice President Public Affair & Communications Huawei Indonesia Selina Wen mengatakan program SmartGen adalah wujud dari komitmennya untuk pembinaan sumber daya manusia yang kompeten di bidang TIK Indonesia.

"Melalui Huawei ICT Academy, kami ingin membantu perguruan tinggi di Indonesia dalam menentukan sistem kompetensi akademik agar mahasiswa lulusannya dapat memenuhi standar kebutuhan industri," tuturnya di Jakarta, Selasa (9/10/2018).

Huawei Gembleng Talenta di 8 Kampus Ternama IndonesiaFoto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Melalu SmartGen, Huawei dan kampus-kampus unggulan di Tanah Air akan menggelar serangkaian kegiatan yang meliputi program transfer pengetahuan yang dikemas berupa Technology Day (TechDay) di masing-masing kampus.

Lalu, sertifikasi dalam kerangka Huawei Authorized Information Network Academy (HAINA), gelaran kompetisi nasional ICT 2019, pengikutsertaan mahasiswa dalam program Seeds for the Future 2018, serta rekruitmen dan pemagangan di Huawei.



Dalam rangkaian TechDay, Huawei dan setiap perguruan tingginya menentukan topik terkini seputar dunia TIK yang dibahas dengan para pakar di bidangnya, sebut saja 5G, Big Data, Artificial Intelligence, Komputasi Awan, Internet of Things, dan Blockchain.


Huawei Berikan Pelatihan TIK kepada Mahasiswa Indonesia, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



Dengan menggandeng delapan perguruan tinggi ini, Huawei ingin turut terlibat dalam melahirkan SDM bidang TIK yang memiliki kompetensi global dan bersaing.

"Ini komitmen untuk Indonesia di bidang industri TIK dalam menghadapi tantangan ke depannya. Para pelajar harus siap karena Indonesia akan menjadi kekuatan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara. Dengan meningkatkan keterampilan teknologi di masa mendatang dan Huawei ini jadi bagiannya," tuturnya.

(agt/asj)