Jumat, 05 Okt 2018 14:15 WIB

Facebook dan WhatsApp Donasikan Rp 15 M buat Korban Gempa Sulteng

Agus Tri Haryanto - detikInet
Daerah terdampak bencana alam di Sulawesi Tengah (Foto: Pradita Utama) Daerah terdampak bencana alam di Sulawesi Tengah (Foto: Pradita Utama)
Jakarta - Google dan Apple, dua perusahaan teknologi Amerika Serikat, sudah menyatakan bakal membantu korban gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah. Kini giliran Facebook dan WhatsApp yang mengumumkan aksi kemanusiaan lewat donasi.

Dikutip dari keterangan tertulisnya, Jumat (5/10/2018), Facebook dan WhatsApp memberikan donasi sebesar USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar. Donasi itu disalurkan melalui Palang Merah Indonesia (PMI) untuk penanggulangan gempa dan tsunami di Palu dan Donggala.

"Kami juga berkomitmen untuk mendukung pemerintah daerah setempat melakukan proses pemulihan dan membantu komunitas, termasuk LSM dan bisnis kecil yang terkena dampak dari bencana, serta membantu mereka bangkit kembali melalui program Laju Digital," ujar Facebook.


Saat terjadinya krisis, Facebook mengatakan banyak orang yang mengunjungi Halaman Penanggulangan Krisi di platform mereka. Selain itu juga, memanfaatkan layanan pesan instan WhatsApp untuk memberitahu teman, serta keluarga mereka bahwa mereka dalam keadaan selamat, meminta bantuan, berbagi informasi, dan menggalang dana bagi yang terkena dampak bencana.

Komitmen Pendiri Facebook Mark Zuckerberg untuk membantu korban di Sulawesi Tengah.Komitmen Pendiri Facebook Mark Zuckerberg untuk membantu korban di Sulawesi Tengah. Foto: Facebook


Setelah tsunami terjadi, tak sedikit orang yang menggunakan Penanggulangan Krisis, Grup dan Penggalang Dana (Fundraisers) untuk mengerahkan bantuan dan membantu sesama, seperti:

- Warga Palu dan Donggala menggunakan Info Kota Palu, sebuah grup Facebook yang memiliki lebih dari 530.000 anggota, guna berbagi informasi detil tentang lokasi atau tempat untuk mendapatkan bantuan serta informasi terkini.

Grup ini dibuat tujuh tahun yang lalu sebagai platform untuk berbagi informasi umum bagi warga kota Palu dan telah menjadi tempat dimana orang bisa berbagi informasi tentang orang yang mereka cintai.



- Lebih dari 1.300 orang meminta bantuan melalui Community Help. Berikut adalah beberapa hal yang paling sering ditanyakan orang-orang di Community Help yaitu, informasi, makanan, tempat pengungsian, dan ketersediaan air bersih.

Selain itu, banyak orang juga menggunakan Community Help untuk mencari orang terdekat mereka yang hilang.

- Adventist Development and Relief Agency (ADRA) International telah berhasil menggalang dana hingga lebih dari USD 57.000, atau sekitar 859 juta rupiah, di Facebook untuk Dana Darurat Tsunami Indonesia.

Selain itu, World Vision telah mengumpulkan lebih dari USD 20.000 atau sekitar 300 juta rupiah untuk membantu para korban selamat dengan menyediakan makanan, air, dan juga tempat penampungan pengungsi.



Garuda Indonesia Jadi Maskapai Pertama yang Evakuasi Korban Gempa Palu, tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]



(agt/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed