Jumat, 05 Okt 2018 11:00 WIB

Bill Gates Kalah Kaya Rp 956 Triliun dari Jeff Bezos

Fino Yurio Kristo - detikInet
Bill Gates. Foto: Reuters Bill Gates. Foto: Reuters
Jakarta - Bill Gates boleh saja menjadi runner up Jeff Bezos sebagai orang terkaya dunia dan di Amerika Serikat. Tapi jarak kekayaan mereka begitu jauh.

Dalam daftar terbaru 400 orang terkaya di Amerika Serikat versi Forbes, kekayaan Bezos, sang pemilik raksasa e-commerce Amazon, berada di urutan pertama adalah USD 160 miliar. Sedangkan Bill Gates di ranking kedua, hartanya diestimasi USD 97 miliar.

Berarti, dikutip detikINET dari USA Today, kekayaan mereka berselisih sangat besar, USD 63 miliar. Jika dirupiahkan, berada di kisaran Rp 956 triliun.



Jadi rasanya hampir tidak mungkin bagi Bill Gates kembali ke posisi pertama dengan menyalip Bezos, kecuali nanti terjadi sesuatu yang luar biasa.

Salah satu faktor utama kekalahan telak Gates adalah karena ia memberikan lebih dari USD 35 miliar atau Rp 531 triliun untuk kegiatan filantropi dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar disumbangkan ke kantong Bill and Melinda Gates Foundation.

Sedangkan Bezos terkesan kurang dermawan. Namun baru-baru ini tampaknya dia sudah berubah. Bezos dan istrinya, MacKenzie Bezos, mengumumkan dana sebesar USD 2 miliar (Rp 29 triliun) untuk membantu keluarga tunawisma dan membuat jaringan non-profit preschool di lingkungan komunitas berpenghasilan rendah.

Badan amal yang disebut Bezos Day One Fund ini akan fokus kepada dua inisiatif. Pertama, memberikan dana bantuan kepada organisasi non-profit yang telah ada dan memberikan penghargaan tahunan kepada organisasi yang membantu keluarga tunawisma.
(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed