Kamis, 04 Okt 2018 15:41 WIB

5 Manfaat Ponsel yang Tak Banyak Diketahui Orang

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: GettyImages Foto: GettyImages
Jakarta - Saat ini, rasanya sulit menemukan satu orang yang tidak menggunakan smartphone untuk memudahkan rutinitas hariannya.

Mulai dari pesan makanan, berkomunikasi, bekerja, ataupun menemukan transportasi pun bisa dilakukan dengan menggunakan smartphone. Namun, dibalik itu semua, masih banyak manfaat lain dari smartphone yang belum diketahui oleh orang lain, seperti contoh-contoh berikut ini.

Untuk shooting film

Smartphone sekarang sudah dibekali dengan kamera bersensor canggih. Sensor-sensor ini membuat kamera smartphone mampu menghasilkan gambar dengan resolusi dan ketajaman menandingi kamera-kamera profesional. Setidaknya, kini ada dua film terkenal yang sepenuhnya menggunakan smartphone. Kedua film itu berjudul Tangerine yang menggunakan iPhone 5s, dan film Unsane yang menggunakan iPhone 7 Plus

Sebagai alat ukur

Disadari atau tidak, smartphone juga dibekali berbagai sensor yang sangat membantu bagi para petualang. Misalnya gyroscope, accelerometer, magnetometer, GPS, dan proximity sensor. Sensor-sensor membuat smartphone bisa digunakan untuk aktivitas outdoor. Selain itu, smartphone saat ini sudah dilengkapi dengan prosesor yang begitu canggih, jadi bisa digunakan untuk augmented reality. Apple sendiri sudah merilis fitur pengukuran di iPhone X yang membuatnya sangat berguna bagi Anda para pecinta kerajinan tangan.

Alat bayar tagihan

Selain dibekali sensor seperti NFC, smartphone kini juga selalu terkoneksi dengan jaringan internet. Membuatnya sebagai salah satu alat pembayaran yang paling efisien. Saat ini Anda bahkan bisa menggunakan smartphone untuk membeli tiket penerbangan, berbelanja, dan lain sebagainya. Termasuk untuk bayar PDAM online sekalipun. Apabila pembayaran PDAM sebelumnya sangat merepotkan karena harus ke kantor PDAM terlebih dahulu, maka kini cukup gunakan satu aplikasi saja.

Kunci mobil

Pernahkan Anda mendengar mobil listrik Tesla? Mobil listrik tercanggih asal Amerika Serikat ini sudah benar-benar mengikuti perkembangan teknologi dengan mengadopsi kecanggihan smartphone. Beberapa tipe mobil yang dirilis pabrikan ini bahkan tidak memerlukan kunci selayaknya mobil-mobil di Indonesia. Untuk membuka pintu, para pengguna cukup gunakan aplikasi smartphone yang sudah terkoneksi dengan jaringan nirkabel mobilnya. Sangat praktis bukan?

Sebagai alat keselamatan

Smartphone kini sudah terkoneksi internet. Sehingga muncul fitur-fitur keselamatan yang sangat mudah untuk digunakan. Sebab, kin telah banyak aplikasi yang bisa diunduh gratis, dimana aplikasi-aplikasi ini akan memberikan informasi soal daerah-daerah rawan yang ada di kota Anda. Aplikasi-aplikasi ini pun memberikan informasi yang diberikan oleh orang-orang lokal, sehingga Anda tidak perlu ragu soal keakuratannya.

Itu dia lima manfaat smartphone yang belum banyak diketahui. Dari lima manfaat di atas bisa dilihat bahwa smartphone kini bukan hanya untuk komunikasi dan selfie saja. Masih banyak manfaat lain yang bisa membuat hidup Anda jadi lebih mudah. Oleh karena itu, mari manfaatkan potensi smartphone dengan lebih baik. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed