Google Mau Salurkan Donasi Rp 15 M ke Sulteng, Ini Alurnya

Google Mau Salurkan Donasi Rp 15 M ke Sulteng, Ini Alurnya

Agus Tri Haryanto - detikInet
Kamis, 04 Okt 2018 17:07 WIB
Salah satu dampak bencana di Sulteng. Foto: Pradita Utama
Jakarta - Google telah mengumumkan akan memberikan bantuan kepada para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Sulawesi Tengah (Sulteng), pada awal pekan ini. Begaimana alur distribusinya?

Melalui akun Twitter-nya, CEO Google Sundar Pichai mengatakan bahwa mereka akan mendonasikan USD 1 juta atau sekitar Rp 15 miliar untuk mendukung upaya kemanusiaan dan mengaktivasi SOS Alert bagi yang terdampak.


"Itu yang mesti kita cek ya," kata Head of Communications Google Indonesia Jason Tedjasukmana, menanggapi niat bosnya untuk membantu korban di Sulteng.
Ia pun menjelaskan alur distribusi yang dilakukan Google setiap akan membantu daerah yang terkena bencana alam. Disampaikannya, Google bekerja sama dengan organisasi kemanusiaan dalam menjalankan misinya tersebut.



"Sebenarnya ada satu organisasi yang kita gunakan, namanya Center for Disaster Philantrophy. Dari mereka akan menentukan siapa yang akan menerima dari pihak lokal, apakah PMI atau lainnya," ucapnya.

Saat ditanya sudah sampai mana distribusi bantuan perusahaan teknologi besutan Sergey Brin dan Larry Page ini, Jason mengaku belum mengetahui pasti sudah sejauh mana.


"Saat ini masih dalam proses," ucapnya.

Google juga menyediakan membuka saluran bantuan bagi korban bencana alam. Caranya, seperti yang terjadi saat ini, ketika akan diketik kata "Palu", maka muncul segala informasi terkait, mulai dari SOS Alert, berita, nomor telepon, mencari orang melalui fitur personfinder, sampai donasi.

"Kita bisa ikut donasi, nanti kita salurkan," pungkas dia.


(agt/fyk)