Rabu, 03 Okt 2018 19:43 WIB

Kapsul Masa Depan Ini Bisa Ngebut 1.220 Km/Jam, Siap Meluncur 2019

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Kapsul hyperloop buatan HyperloopTT. Foto: HyperloopTT Kapsul hyperloop buatan HyperloopTT. Foto: HyperloopTT
Jakarta - Hyperloop Transportation Technologies (HyperloopTT) secara resmi memperkenalkan kapsul pertamanya untuk moda transportasi masa depan. Perusahaan asal California, Amerika Serikat tersebut menamainya Quintero One.

Kapsul itu memiliki panjang sekitar 32 meter dan bobot sebesar 5 ton. Diperkenalkan di Puerto de Santa Maria, Spanyol, nantinya HyperloopTT akan memindahkannya ke Toulouse, Prancis, untuk persiapan berikutnya jelang dioperasikan pertama kalinya secara komersial.




"Pada 2019 mendatang, kapsul ini akan dioptimalisasi secara penuh dan siap untuk penumpang," ujar Bibop Gresta, chairman sekaligus co-founder dari HyperloopTT.

Berdasarkan rilis dari situs resminya, perusahaan tersebut mengatakan bahwa hampir seluruh bagian dari Quintero One dibuat menggunakan bahan Vibranium. Material tersebut dihasilkan dari campuran material-material lainnya.

Di dalam kapsul tersebut, terdapat kabin penumpang sepanjang 15 meter yang memiliki kapasitas mulai dari 28 hingga 40 orang. Nantinya, moda transportasi ini diharapkan mampu mencapai kecepatan sampai 1.223 km per jam.

Menarik untuk ditunggu bagaimana HyperloopTT ini akan mengembangkan kapsulnya ini. Apalagi, mereka juga berencana untuk memboyong hyperloop ini ke Indonesia.

Tahun lalu, HyperloopTT telah menjalin kemitraan dengan sejumlah wirausahawan lokal, yaitu Dwi Putranto Sulaksano, founder Dwiyuna Jaya Foundation, dan Ron Mullers, founder Papa Ron's Pizza, untuk mendirikan PT Hyperloop Transtek Indonesia. Nilai kontraknya pun mencapai USD 2,5 juta.




Di samping itu, peluncuran kapsul oleh HyperloopTT ini dijamin bakal meramaikan persaingan di industri moda transportasi hyperloop. Sebelumnya, Virgin Hyperloop One besutan Richard Branson sudah melakukan hal serupa di Uni Emirat Arab, walau masih berupa prototipe.

Kapsul super mewah itu nantinya dapat melaju hingga 1.220 kilometer per jam. Hal tersebut membuat lama perjalanan dari satu Dubai ke Abu Dhabi yang berjarak 140 km hanya akan menempuh waktu sekitar 12 menit.


(mon/krs)