Rabu, 26 Sep 2018 17:26 WIB

Cara Google Majukan Area Danau Toba

Virgina Maulita Putri - detikInet
Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET Foto: Virgina Maulita Putri/detikINET
Jakarta - Hadirnya Danau Toba di Google Street View tentu berfokus kepada promosi untuk memancing wisatawan mancanegara. Namun, Google tidak lupa untuk mengenalkan inisiatif untuk mengembangkan masyarakat di sekitar Danau Toba.

Pertama, Google menghadirkan fitur yang disebut City Post. City Post ini merupakan akun yang dapat dikelola oleh Kementerian Pariwisata atau otoritas pengelola Danau Toba untuk menampilkan informasi tentang event-event yang berlangsung di Danau Toba.


"Untuk mensosialisasikan acara seperti Festival Danau Toba kita ada satu fitur yang namanya City Post," kata Public Policy Senior Analyst Google Indonesia, Ryan Rahardjo saat peluncuran Danau Toba di Google Street View di Hotel Niagara, Parapat, Selasa (25/9/2018).

"Jadi mereka diberikan satu akun bisa diupdate statusnya ketika misalnya ada Festival Danau Toba nanti bisa langsung dishare dan nanti informasinya akan muncul di Google Search," lanjutnya.

Kemudian Google juga akan mengenalkan layanan yang disebut Google Bisnisku. Layanan ini ditujukan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM) yang beroperasi di Danau Toba.

Dengan mendaftarkan bisnisnya di layanan ini, UKM diharapkan dapat menjangkau calon konsumen yang lebih luas lagi.


"Google Bisnisku ini adalah salah satu fitur di mana UKM-UKM bisa mendaftarkan bisnisnya lewat platform Google Bisnisku agar dapat mudah ditemukan di Google Search platform atau Google Maps," jelas Ryan.

"Jadi nanti wisatawan dalam negeri atau luar negeri yang datang ke Danau Toba apabila mencari makanan enak di Danau Toba akan terlisting di Gogle Bisnisku," lanjutnya.

Ryan berharap kehadiran Google Street View dan layanan Google Bisnisku tidak hanya meningkatkan pariwisata Danau Toba, tapi juga mampu memberdayakan masyarakatnya.

"Ketika destinasi wisatanya maju, UKM-nya maju, masyarakatnya sejahtera," imbuhnya. (jsn/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed