Selasa, 25 Sep 2018 05:59 WIB

Kominfo Imbau Netizen Tak Sebar Video Pengeroyokan Haringga

Adi Fida Rahman - detikInet
Foto: Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Suporter Persija Tewas Dikeroyok (Andhika Akbaryansyah/detikcom) Foto: Ilustrasi fokus (bukan buat insert) Suporter Persija Tewas Dikeroyok (Andhika Akbaryansyah/detikcom)
Jakarta - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengimbau netizen Indonesia untuk tidak menyebarkan video pengeroyokan Haringga oleh oknum bobotoh Persib Bandung.

"Para Netizen Indonesia diminta untuk tidak ikut-ikutan menyebar konten berupa video tersebut agar tidak menimbulkan keresahan di kalangan masyarakat. Jika sudah terlanjur menerima kiriman video tersebut, jangan lagi mem-forward kepada orang lain," ujar Ferdinandus Setu, Plt. Kepala Biro Humas Kominfo dalam keterangan resminya, Selasa (25/9/2018).



Pihak Kominfo pun sejak Senin (24/9/2018) telah meminta seluruh pemilih platform media sosial, mulai dari YouTube, Instagram, Twitter dan Facebook, untuk memblokir video pengeroyokan Haringga. Upaya tersebut agar video tersebut tidak makin menyebar di kalangan netizen di Indonesia.

"Ini mengacu pada UU RI No 19 Tahun 2018 di mana pemerintah wajib melakukan pencegahan penyebarluasan informasi elektronik yg memiliki muatan yg dilarang," tegas papar pria yang kerap disapa Nando itu.

"Biasanya akan membutuhkan beberapa jam bagi platform media sosial untuk mengeksekusi setiap permintaan take down konten dari Kominfo. Jika konten yg diajukan tersebut juga melanggar ketentuan internal atau komunitas platform, maka makin cepat konten tersebut di-take down," imbuhnya.



Seperti dikatehaui Haringga Sirla, suporter The Jakmania tewas dikeroyok oknum Bobotoh. Haringga dikeroyok setelah oknum pendukung Persib atau Bobotoh mengetahui korban berasal dari Jakarta.

Peristiwa sadis itu berlangsung di area Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Bandung, Minggu (23/9) kemarin, sekitar pukul 13.00 WIB atau sebelum laga antara Persib vs Persija digelar.

Video sadis yang menampilkan detik-detik pengeroyokan tersebut viral di media sosial.



Wah! Bos Instagram Hengkang dari Facebook? Tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed