Jumat, 21 Sep 2018 14:47 WIB

Populer di China Saat Asian Games 2018, Twitch Kini Kena Blokir

Virgina Maulita Putri - detikInet
Twitch kena blokir di China setelah sangat populer saat Asian Games 2018 lalu (Foto: internet) Twitch kena blokir di China setelah sangat populer saat Asian Games 2018 lalu (Foto: internet)
Jakarta - Platform live streaming video, Twitch, kini diblokir di China. Itu terjadi setelah popularitas Twitch di China meningkat pesat saat Asian Games 2018 lalu.

Dalam sebulan terakhir Twitch jadi sangat populer di China, bahkan sempat menempati posisi ketiga di daftar aplikasi gratis terlaris di App Store.

Seperti dilansir detikINET dari Gizmodo, Jumat (21/9/2018), popularitas ini didorong oleh membanjirnya pengguna yang ingin menonton streaming kompetisi e-sport di Asian Games 2018.




Saat puncak kompetisi e-sport Asian Games 2018 pada akhir bulan Agustus, Twitch diunduh 23 kali lebih banyak dibandingkan minggu sebelumnya. Stasiun televisi nasional China, CCTV, tidak menayangkan agenda itu sehingga orang pun mencari cara lain untuk menonton.

Akan tetapi, di beberapa wilayah China saat ini Twitch sudah tidak lagi bisa diakses. Twitch juga menghilang dari Apple App Store di China.




Banyak netizen China yang bertanya-tanya di media sosial negaranya, Weibo, mengenai hal tersebut. Walaupun banyak yang sudah tak bisa mengakses Twitch, sejumlah pengguna lain di wilayah utara dan selatan China tetap bisa melakukannya. Hal itu mengindikasikan pemblokiran Twitch di China masih belum merata dan tidak terbatas secara geografis.

Kepada The Verge, pihak Twitch sudah mengonfirmasi adanya pemblokiran di China tersebut walaupun tidak memberikan penjelasan lebih lanjut secara terperinci.

(krs/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed