Jumat, 21 Sep 2018 11:05 WIB

Facebook Kini Punya Fitur Cari Jodoh, tapi...

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Screenshot Facebook Foto: Screenshot Facebook
Jakarta - Sedang usaha cari jodoh? Facebook kini punya fitur baru yang mirip-mirip seperti pencarian pasangan kencan dari Tinder. Namanya Facebook Dating.

Facebook Dating sebenarnya sudah dipamerkan sejak Konferensi F8 pada awal 2018 ini. Fitur ini pun sudah sempat diuji secara internal pada awal Agustus lalu, dan kini aplikasi tersebut sudah tersedia untuk publik.




Akan tetapi, ada satu hal yang harus dicatat. Facebook Dating saat ini baru tersedia di Kolombia. Seiring waktu, barulah rencananya juga bakal tersedia di negara-negara lain. Demikian dikutip detikINET dari Business Insider, Jumat (21/9/2018).

"Ada lebih dari 200 juta orang memasang status single pada laman profil Facebooknya. Kami melihat ini sebagai kesempatan yang luar biasa untuk membantu mereka membangun hubungan melalui Facebook," ujar Nathan Sharp, product manager Facebook Dating.

Facebook Dating ditawarkan dalam bentuk fitur di dalam aplikasi mobilenya. Setelah menyalakan fitur ini, Facebook akan memberikan sejumlah saran pasangan yang dianggap cocok berdasarkan ketertarikan si pengguna dan aktivitasnya.

Namun pengguna tak bisa menggunakan fitur ini layaknya Tinder, di mana mereka bisa men-swipe ke kiri atau kanan untuk memilih calon pasangan hanya berdasarkan wajahnya.

Meski tersimpan di aplikasi mobile Facebook, layanan pencari pasangan ini dipisahkan dari layanan utama Facebook. Salah satu penerapannya adalah Facebook tak akan menyarankan calon pasangan yang berasal dari daftar teman si pengguna. Lalu aktivitas kencan si pengguna juga tak akan muncul dalam News Feed ataupun laman profil mereka.




Dengan peluncuran Dating ini, Facebook berarti sudah siap untuk berkompetisi melawan aplikasi sejenis yang sebelumnya sudah ada, seperti Tinder, OkCupid, dan Bumble. Namun tentu Facebook punya nilai lebih dibanding pesaingnya itu, yaitu data pengguna mereka yang tentu jauh lebih banyak.

Facebook pun berharap layanan Dating ini mempunyai diferensiasi dibanding para pesaingnya: lebih fokus membantu pengguna yang serius cari jodoh atau pasangan untuk hubungan jangka panjang, bukan sekadar yang main-main.


(asj/krs)