Kamis, 20 Sep 2018 07:55 WIB

Awas! Gadget Bisa Bikin Hewan Peliharaan Cemburu dan Depresi

Naela Inaya - detikInet
Keranjingan main gadget, seperti ponsel, bisa bikin hewan peliharaan cemburu (Foto: Justin Sullivan/Getty Images) Keranjingan main gadget, seperti ponsel, bisa bikin hewan peliharaan cemburu (Foto: Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta - Keranjingan main gadget khususnya smartphone? Jika kamu juga punya hewan peliharaan, hobimu main gadget bisa melahirkan kecemburuan domestik lho.

Menurut seorang pakar, hewan peliharaan secara khusus anjing potensial merasa sedih jika majikannya kelewat sering melototi layar ponsel selama berjam-jam.

Skenario macam itu dapat membuat hewan peliharaan merasa kesepian. Walhasil, ini bisa mencederai ikatan emosional antara hewan peliharaan dengan majikan. Bukan tak mungkin si anjing sampai depresi dan mengalami masalah tingkah laku.

Iain Booth, dokter hewan spesialis bedah yang juga pendiri VetUK di Inggris, mengatakan bahwa ketergantungan manusia terhadap gadget dewasa ini sudah membahayakan pentingnya hubungan dengan hewan peliharaannya sendiri.

"Secara khusus dengan anjing dan, pada tingkat sedikit lebih rendah, kucing domestik," ucap Booth kepada Metro.co.uk yang dikutip detikINET.

Hewan domestik, yang dipelihara di rumah, merasa memiliki hubungan dan keterikatan khusus terhadap pemiliknya. Hal itu terbangun dari interaksi dari kedua pihak.

Kurangnya interaksi tersebut bisa menjadi pemicu bagi hewan peliharaan untuk merasa cemburu terhadap "sesuatu" yang menyita perhatian pemiliknya. Dalam hal ini gadget.

Menurut survei yang dilakukan oleh Digital Detox, orang dewasa rata-rata menghabiskan lebh dari 9 jam dengan gadgetnya. Bahkan lebih lama dibanding menghabiskan waktu untuk tidur.

Ini dapat menjadi perhatian tersendiri buat para empunya hewan peliharaan yang sudah keranjingan gadget. Kamu mungkin merasa binatang peliharaan hanyalah bagian kecil dari hidupmu. Tapi bagi mereka, dirimu adalah pusat hidupnya.

(krs/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed