Jumat, 14 Sep 2018 19:47 WIB

Begini Cara Instagram Bantu Pencandu Narkoba

Josina - detikInet
Instagram kini punya cara bantu pencandu narkoba (Foto: Carl Court/Getty Images) Instagram kini punya cara bantu pencandu narkoba (Foto: Carl Court/Getty Images)
Jakarta - Instagram kini punya cara khusus untuk mencegah penyalahgunaan tagar tertentu, juga memudahkan pencandu narkoba mendapat informasi agar bersih dari zat terlarang.

Tagar, tanda pagar atau hastag, lazim digunakan di media sosial. Salah satunya adalah untuk memudahkan pengguna menemukan sebuah informasi ataupun komunitas terkait hastag tersebut.

Sayangnya, tagar ini kerap disalahgunakan. Semisal, mencari informasi tentang obat-obatan terlarang seperti tagar opioid dan istilah obat lainnya. Malah bisa juga menjadi peluang buat bandar narkoba mengedarkan barang-barang haramnya.



Mencegah hal ini lebih luas, Instagram merilis sebuah fitur pop-up untuk memberikan perintangan dan dukungan informatif bagi mereka yang tengah mencari-cari narkoba.

"Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berjuang dengan opioid atau penyalahgunaan zat, temukan cara untuk mendapatkan rujukan perawatan gratis dengan kerahasiaan terjaga, serta informasi tentang penyalahgunaan, pencegahan, dan pemulihan zat," tulis Instagram seperti dilansir detikINET dari The Verge, Jumat (14/9/2018).

Upaya pop-up Instagram baru ini semata layaknya "bantuan pertama". Artinya, jika memang benar-benar ingin meninggalkan narkoba, penggunanya tetap harus memaksimalkan informasi yang didapat untuk mendapat bantuan langsung.

(jsn/krs)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed