Jumat, 14 Sep 2018 18:55 WIB

Tik Tok Gelar Pesta Ulang Tahun Pertamanya

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Perayaan setahun Tik Tok. Foto: Imron Rosyadi/detikinet Perayaan setahun Tik Tok. Foto: Imron Rosyadi/detikinet
Jakarta - Platform video singkat Tik Tok hari ini tengah berulang tahun yang pertama. Untuk merayakannya, mereka mengumpulkan lebih dari 150 kreator konten di dalam platform-nya, baik dari dalam maupun luar negeri, untuk berkumpul di Jakarta dalam acara bertajuk The TikTok Gala.

Ini jadi pertama kalinya acara tersebut dilangsungkan di luar kantor pusat Tik Tok di Los Angeles, Amerika Serikat. Para kreator yang asalnya dari negara-negara semacam AS, Inggris, hingga Korea Selatan ini kebanyakan memiliki pengikut lebih dari 1 juta.

Dina Bhirawa, Head of Marketing Tik Tok Indonesia, mengatakan bahwa ini merupakan salah satu usahanya dalam mempertemukan Tik Tokers (sebutan bagi pengguna Tik Tok) dari dalam dan luar negeri. Hal ini disebutnya juga dapat memperkuat komunitas TikTok secara global.



Bisa dibilang, ini melengkapi usaha Tik Tok untuk lebih mendunia setelah melakukan merger dengan musical.ly, platform video pendek lainnya. Dina mengatakan, disatukannya kedua platform bisa membawa banyak Tik Tokers luar untuk berbagi ilmu serta memboyong kreator lokal untuk go internasional.

Dina pun mengakui bahwa video pendek akan menjadi tren di masa depan. Hal tersebut disebabkan kebiasaan orang-orang dalam menggunakan smartphone.

"Karena kebiasaan orang sekarang sudah bergeser dalam menghabiskan waktu dengan mobile phone. Sekarang mobile phone sudah ibarat suami atau istri. Dan kita butuh informasi yang cepat dan gampang dicerna,"

Perayaan setahun Tik Tok. Foto: Imron Rosyadi/detikinet


Hal itu juga yang menurut perempuan berkacamata tersebut merupakan salah satu alasan berdirinya platform ini.

"Kita yakin video itu tren masa depan, tapi banyak pengguna yang tidak bisa membuat video yang kreatif. Biasanya beranggapan harus pakai kamera professional dan butuh keahlian juga,"

"Jadi kita bikin suatu platform yang memudahkan orang untuk bikin video pendek dan gampang juga editnya sehingga hasilnya jadi kreatif,"

Ia menambahkan, platform ini juga memiliki fitur berupa sticker, lagu, dan efek yang bisa ditambahkan pada video buatan user. Selain itu, pengguna pun juga bisa mengedit video buatan lain agar lebih menarik.



Dalam konferensi pers yang dilangsungkan sebelum The TikTok Gala, para TikTokers dalam negeri berbagi ilmunya kepada para rekan media bagaimana cara membuat kreator yang unik di platform tersebut.

Mulai dari penggunaan filter hingga menampilkan transisi video yang menawan diperagakan oleh mereka. Selain itu, pemilihan latar suara yang tepat juga menjadi salah satu yang diajarkan oleh mereka. (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed