Selasa, 11 Sep 2018 16:00 WIB

Orang Indonesia Kecanduan Main Dinosaurus 'Offline' di Google

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Foto: Screenshoot Foto: Screenshoot
Jakarta - Pernah membuka Google Chrome dan ternyata perangkat yang digunakan tidak tersambung dengan internet? Jika pernah, maka akan muncul sesosok dinosaurus mungil di layar perangkat yang kamu gunakan.

Itu memang proyek dari Google dalam memberikan 'hiburan' bagi user yang mungkin sudah jengkel karena tidak bisa tersambung ke internet. Walau baru berusia empat tahun usianya, tapi jangan tanya soal popularitasnya.

"Saat ini, dinosaurus ini sudah dimainkan sebanyak 270 juta kali setiap bulannya, baik itu di laptop atau perangkat mobile," ujar Edward Jung, salah satu desainer Google UX, sebagaimana detikINET kutip dari blog resmi Google, Selasa (11/9/2018).



"Satu fakta yang tidak mengejutkan, kebanyakan pemainnya berasal dari kawasan yang data selulernya mahal atau tidak bisa diandalkan, seperti India, Brasil, Meksiko, atau Indonesia," katanya melanjutkan.

Sebagaimana disebutkan oleh Edward, daerah yang sering memainkan game dinosaurus ini berasal dari daerah yang koneksi data seluler harganya mahal atau kecepatan dan kestabilannya tidak dapat diandalkan. Dengan kata lain, Indonesia termasuk ke kawasan dengan kategori tersebut.

Indonesia Kecanduan Main Dinosaurus 'Offline' di GoogleFoto: Google


Edward juga mengungkapkan jika wacana untuk menonaktifkan tyrannosaurus ini sempat muncul di benaknya. Hal tersebut disebabkan banyaknya anak-anak sekolah dan orang-orang dewasa yang seharusnya belajar atau bekerja, justru memainkan game ini.

Dan, bisa jadi, game arcade tersebut akan semakin sering dimainkan lantaran keputusan Google yang satu ini. Tim Chrome Design telah menciptakan dinosaurus yang memungkinkan siapapun bermain tanpa perlu mematikan koneksi internet.



Bahkan, laman itu bisa dibuka melalui perangkat mobile dan desktop. URL ini menawarkan mode arcade, sehingga memunculkan game dengan tampilan penuh sesuai layar perangkat.

Jika ada yang penasaran berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menamatkan permainan ini, Alan Bettes dari tim Chrome Design punya jawabannya.

"Kami membuatnya berakhir kira-kira setelah 17 juta tahun terlewati, sama seperti perkiraan waktu T-rex hidup di Bumi, tapi kami pikir spasi yang kamu gunakan untuk memainkan game ini sudah akan banyak berubah setelahnya," ujarnya.

Sekadar informasi, untuk perangkat desktop, pemain memang hanya membutuhkan spasi untuk membuat dinosaurus melompat dan menghindari rintangan. Sedangkan pada perangkat mobile, cukup sentuh layar untuk menjalankan fungsi yang sama. (mon/agt)