Sabtu, 08 Sep 2018 20:51 WIB

Kreatif! Video Ini Rekam Cara Primitif Bangun Rumah

Naela Inaya Hikmatika - detikInet
Foto: screenshot YouTube Primitive Tools Foto: screenshot YouTube Primitive Tools
Jakarta - Bukan tidak mungkin manusia dapat membangun rumah tanpa bantuan teknologi zaman sekarang. Manusia zaman purba telah menunjukkan kemampuan tersebut. Video ini membuktikannya.

Adalah sebuah channel YouTube bernama 'Primitive Tools', menyajikan video yang merekam dua orang membuat bangunan ala zaman purba.

Dalam video tersebut, diperlihatkan bagaimana dua orang itu membangun rumah, membuat kolam, sampai alat kehidupan sehari-hari, tanpa bantuan teknologi seperti zaman sekarang.

Video-video yang disuguhkan menunjukkan proses satu persatu dari pembuatan barang-barang tersebut. Tak hanya cara membangun rumah, bahkan alat-alat penunjangnya pun mereka buat sendiri.

Misalnya, jika ingin membuat rumah atau tempat menetap dan berlindung yang membutuhkan alat seperti kapak maupun semen untuk fondasinya, diperlihatkan cara membuatnya tahap pertahap.

Pembuatan video ini tidak instan. Ada yang selesai dalam waktu seminggu, ada juga yang berbulan-bulan. Contohnya seperti dalam salah satu videonya yang berjudul 'Primitive Technology: Grass Hut'.

Video ini memperlihatkan cara membuat sebuah pondok dari rumput yang membutuhkan waktu 7 hari.



Berbeda lagi dengan video berjudul 'Primitive Technology: Tiled Roof Hut'. Yang satu ini menampilkan bagaimana membuat rumah dari teknologi seadanya dan membutuhkan waktu sekitar 102 hari atau lebih dari 3 bulan.



Channel Youtube yang sudah dibuat pada 2015 ini telah mendapatkan lebih dari 8 juta subscriber dari seluruh dunia. Video-videonya sudah ditonton lebih dari 600 juta kali.

Ditelusuri detikINET, Sabtu (8/9/2018), YouTube ini dibuat oleh John Plant, pemuda asal Queens, Australia. Semua video yang ada di channel ini juga berlokasi di Queens, Australia.

John Plant membuat channel ini sekadar menunjukkan gambaran kehidupan zaman purba ketika belum banyak sentuhan teknologi.

John Plant mulai mengembangkan keterampilannya dalam bangun membangun sejak umur 11 tahun. Meski gemar membuat bangunan dan alat dari zaman purba, John Plant tetap bertempat tinggal dan makan seperti manusia modern.

Selain dari chanel Youtube, John Plant juga menjelaskan lebih detail proses pembuatannya melalui blog pribadinya yang beralamat di primitivetechnology.wordpress.com. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed