Sabtu, 08 Sep 2018 13:17 WIB

Mau Pensiun, Jack Ma Menang dari Bill Gates

Fino Yurio Kristo - detikInet
Jack Ma. Foto: Zabur Karuru/Antara Foto/INASGOC Jack Ma. Foto: Zabur Karuru/Antara Foto/INASGOC
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun
Jakarta - Jack Ma sudah mematok hari di mana ia akan pensiun dari Alibaba, raksasa e-commerce senilai USD 420 miliar yang dibesarkannya. New York Times mengabarkan, ia akan pensiun dari Alibaba pada Senin 10 September waktu setempat.

Meski sudah mundur dari Alibaba, Jack Ma kabarnya akan tetap berperan di perusahaan dalam dewan direksi dan akan tetap menjadi mentor para eksekutif Alibaba. Saat ini, Jack Ma berstatus sebagai Chairman.



Sesudah pensiun, Jack Ma mengaku akan fokus di bidang filantrofi, meneladani jejak Bill Gates yang memiliki yayasan amal terbesar di dunia, Bill & Melinda Gates Foundation. Dia sudah sibuk dengan beberapa proyek amal di bidang pendidikan serta lingkungan.

"Ada banyak hal yang bisa kupelajari dari Bill Gates. Aku memang takkan pernah menjadi sekaya dia, tapi satu hal yang bisa kulakukan dengan lebih baik adalah pensiun lebih awal," kata Jack Ma kepada Bloomberg.

Benar, Jack Ma dengan kekayaan terkini menurut Forbes di kisaran USD 36,6 miliar masih jauh jaraknya dari harta Gates yang sejumlah USD 95,3 miliar. Namun sesuai apa yang dikatakannya, dia menang dalam soal usia pensiun lebih muda.

Jack Ma akan pensiun di usia saat ini, yaitu 53 tahun. Sedangkan Bill Gates pensiun dari posisi CEO Microsoft pada usia 58 tahun pada 2004.

Jack Ma sendiri terindikasi sudah merasa tidak betah menjalankan Alibaba. Bahkan, entah serius atau tidak, dia pernah mengatakan menyesal telah membuat Alibaba sebesar sekarang.



"Kesalahan terbesarku adalah menciptakan Alibaba. Aku tak pernah mengira ini akan mengubah hidupku. Aku hanya coba melakukan bisnis kecil-kecilan dan tumbuh sedemikian besar, ada tanggung jawab dan masalah besar. Setiap hari malah jadi sibuk seperti Presiden. Dan kemudian aku kehilangan hidupku," katanya dalam sebuah kesempatan. (rns/rns)
FOKUS BERITA Jack Ma Pensiun

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed