Rabu, 05 Sep 2018 18:20 WIB

Tangis dan Penyesalan Steve Jobs Sebelum Meninggal

Fino Yurio Kristo - detikInet
Steve Jobs. Foto: Foto: Getty Images Steve Jobs. Foto: Foto: Getty Images
FOKUS BERITA Aib Steve Jobs
Jakarta - Lisa Brennan Jobs menceritakan saat-saat terakhir Steve Jobs sebelum dia berpulang, dalam buku memoirnya yang berjudul Small Fry. Jobs yang sekarat karena penyakit kanker, meminta maaf karena telah menyia-nyiakan Lisa yang dulu tak ia akui sebagai putri kandung.

Sang pendiri Apple yang dikenal visioner ini meninggal dunia pada tahun 2011. Pada saat-saat menjelang kematiannya, Lisa selalu hadir di sisi Jobs.

Ia menceritakan ayahnya sudah sangat kurus kering dan sudah jarang sekali makan. Walaupun demikian Jobs masih pemilih, misalnya jika sebuah mangga bersentuhan dengan mangga yang lain, dia tidak mau memakan keduanya.



"Aku sangat gembira kamu di sini," kata Jobs pada Lisa di saat-saat itu.

Lisa menulis bahwa Jobs mengatakan hal itu sambil menangis. Sebelumnya, Lisa cuma pernah melihat ayahnya dua kali menangis, yakni saat pemakaman kakeknya dan sekali saat menonton film Cinema Paradiso di bioskop.

Dalam percakapan mereka, Jobs mengungkapkan penyesalannya. "Aku tidak menghabiskan cukup waktu denganmu ketika kamu kecil. Aku harap punya lebih banyak waktu, sekarang sudah terlambat," ucap Jobs dengan mata berkaca-kaca.

Percakapan serupa terjadi lagi beberapa waktu kemudian. "Kamu tidak salah apa-apa. Aku minta maaf Lis. Aku harap bisa memutar waktu, aku harap bisa mengubahnya, tapi sudah terlambat," kata Jobs.

Small Fry sendiri mulai beredar di Amerika Serikat pada tanggal 4 September. Seperti diberitakan sebelumnya, buku ini membahas pasang surut hubungan Lisa dengan sang ayah yang sempat tak mau mengakuinya sebagai anak.

(fyk/fyk)
FOKUS BERITA Aib Steve Jobs

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed