Selasa, 04 Sep 2018 14:58 WIB

Catatan dari Berlin

Senangnya Dimanjakan WIFi Ratusan Mbps di Berlin

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Messe Berlin, tempat diselenggarakannya IFA 2018. Foto: istimewa Messe Berlin, tempat diselenggarakannya IFA 2018. Foto: istimewa
Jakarta - Dalam perjalanan detikINET ke IFA 2018, ada satu hal yang membuat Berlin, Jerman, memang layak sebagai tempat berlangsungnya salah satu pameran teknologi terbesar di Eropa itu. Fasilitas wifi adalah poin yang dimaksud.

Hal ini sudah terlihat dari bandar udaranya, yaitu Tegel. Fasilitas wifi yang dimilikinya terbilang memiliki kecepatan yang baik dan stabil. Satu yang tak kalah penting, koneksi internet itu bisa dinikmati secara gratis.


Kemudian, Messe Berlin, sebuah kompleks tempat berlangsungnya IFA 2018, bukanlah sebuah lokasi yang kecil. Ada lebih dari 20 hall di sana. Bahkan beberapa hall sudah menjadi lokasi tersendiri di Google Maps.

Meski begitu, fasilitas wifi di sana masih cukup baik untuk mengakomodasi berbagai kebutuhan. Melakukan video call, berkirim email dengan sejumlah lampiran, serta menunjukkan jalan dapat dengan mudah dilakukan.

Poin yang disebutkan terakhir menjadi krusial lantaran tempatnya memang sangat luas, dan terkadang butuh panduan dari Google Maps untuk pindah ke berbagai titik. Walau tak dapat dipungkiri, sinyalnya kerap hilang begitu berpindah antara satu hall ke hall yang lain.

Lalu, di berbagai tempat seperti hotel hingga mall, koneksi internet yang baik lagi stabil juga bisa ditemukan. Untuk di lokasi macam tempat perbelanjaan, wifi bisa didapatkan secara gratis hanya dengan menyetujui syarat dan ketentuan yang diberlakukan tanpa menyertakan data diri.


Bahkan, sejumlah outlet di pinggir jalan pun memilih untuk memiliki failitas wi-fi tersendiri bagi para pengunjungnya. Koneksinya malah terkadang bisa dinikmati di luar outlet, sehingga bisa diandalkan di situasi darurat tanpa perlu mengunjungi toko tersebut.

Sejatinya, perusahaan telekomunikasi seperti Vodafone dan T-Mobile juga menyediakan wifi di berbagai titik di ruas-ruas jalanan Berlin. Sayangnya, fasilitas tersebut tidak gratis karena bagi yang ingin menggunakannya harus membayar paket-paket yang mereka sediakan.

Lantas, seberapa cepat koneksi internet dari wifi di tempat publik di Berlin? Berdasarkan pantauan detikINET, kecepatan koneksi internet via wi-fi di Messe Berlin mampu menyentuh angka 104 Mbps.

Keterangan kecepatan koneksi wi-fi di Jerman dan Qatar.Keterangan kecepatan koneksi wi-fi di Jerman dan Qatar. Foto: Muhamad Imron Rosyadi/detikinet

Sedangkan di Bandara Tegel kecepatannya bisa mencapai 144 Mbps. Angka tersebut bahkan cukup jauh di depan jika dibandingkan dengan Hamad International Airport di Doha, Qatar, yang kecepatan wi-i miliknya hanya berada di kisaran 5 Mbps, dan koneksinya kerap terputus saat berpindah tempat. Dengan kecepatan segitu, mengunggah lampiran di email pun menjadi hal yang sulit dilakukan di Hamad International Airport.

Jadi, jika memang memiliki keperluan jangka pendek di Berlin, tidak ada salahnya untuk mengandalkan fasilitas wi-fi yang ada di sana. Kalau terasa merepotkan jika harus pergi ke suatu titik tertentu untuk mendapatkan koneksi internet, berbagai provider di sana menyediakan perdana beserta paket internet dalam jangka pendek, seperti seminggu misalnya. (mon/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed