Minggu, 02 Sep 2018 07:19 WIB

Kini YouTube Bisa Dipakai Galang Dana

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Gettyimages - Andrew H. Walker Foto: Gettyimages - Andrew H. Walker
Jakarta - YouTube memberikan sejumlah fitur baru untuk para pembuat konten yang memudahkan mereka untuk menggalang dana. Fitur baru ini yang masih beta ini bernama YouTube Giving.

Ada sejumlah fitur baru yang tergabung di YouTube Giving ini, seperti community fundraiser, campaign matching dan Super Chat for Good, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Sabtu (2/9/2018).

Fitur penggalangan dana ini membuat penonton bisa berdonasi melalui tombol donasi pada kampanye yang dibuat oleh pembuat konten. Saat ini, fitur penggalangan dana ini baru tersedia pada sejumlah kecil pembuat konten, seperti Hope for Paws Fundraiser, yang menggalang dana untuk penyelamatan dan penyembuhan hewan.


Selama masa beta, YouTube menyebut akan menanggung semua biaya transaksi yang ada. Namun saat fitur ini sudah tersedia secara penuh, belum terungkap berapa biaya transaksi yang harus dibayarkan untuk memakai fitur ini.

Fitur lainnya adalah Super Chat for Good, yaitu memberikan semua donasi yang diterima selama live stream ke organisasi nonprofit yang dipilih oleh si pembuat konten.

Sebelum adanya fitur penggalangan dana ini, sejumlah pembuat konten YouTube juga sudah membuat program semacam ini, namun melalui pihak ketiga seperti GoFundMe dan situs lainnya. Jadi tampaknya fitur baru YouTube ini adalah untuk mengamankan para pengguna YouTube agar tak perlu pindah ke layanan lain. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed