Rabu, 29 Agu 2018 13:50 WIB

Putri Kandung Steve Jobs Buka-bukaan 'Aib' Ayahnya

Fino Yurio Kristo - detikInet
Steve Jobs dan Lisa pada tahun 1986. Foto: istimewa Steve Jobs dan Lisa pada tahun 1986. Foto: istimewa
FOKUS BERITA Aib Steve Jobs
Jakarta - Steve Jobs memang sosok yang kompleks. Kepribadiannya yang kadang ajaib banyak diulas, yang terbaru adalah buku Small Fry yang ditulis anak kandungnya, Lisa Brennan Jobs. Lisa banyak menguak bagaimana hubungan mereka yang pasang surut di buku tersebut.

Lisa sempat tak diakui anak oleh Jobs, ketika lahir pada 17 Mei 1978. Saat itu, Jobs masih sangat muda dan temperamental. Ia mengelak bertanggung jawab terhadap anak yang dikandung Chrissann Brennan, pacarnya. Menurutnya, 23% dari pria di Amerika bisa saja ayah dari bayi yang dikandungnya, walau hanya Jobs yang tinggal serumah dengan Brennan.

Tes DNA akhirnya membuktikan, Lisa anak kandung Jobs. Walau demikian, hubungan mereka tak langsung akur, bahkan bisa dibilang tak pernah benar-benar rukun. Itu terlihat dari berbagai cerita yang diumbar Lisa di Small Fry.



Setelah bertahun-tahun tak mau mengakui Lisa anaknya, Jobs akhirnya mau menerima kenyataan. Ia mulai membayar biaya hidup Lisa namun begitu minim, hanya USD 500 yang sangat tak sebanding dengan kekayaan Jobs.

Chrisann yang sudah berpisah dengan Jobs, kekurangan uang, ia bekerja sebagai waitress dan cleaning service. Ia dan Lisa tinggal di rumah yang tidak punya pemanas karena tidak mampu, sehingga bikin menggigil di musim dingin.

Di situlah pertama kali Lisa bertemu dengan Jobs saat ia diakui sebagai anak. "Kamu tahu siapa aku? Aku ayahmu. Aku salah satu orang terpenting," kata Jobs dengan arogan saat memperkenalkan diri.

Beberapa saat kemudian, Jobs sepertinya sadar dan meminta maaf pada Lisa atas semua yang telah terjadi. Ia pun meningkatkan dukungan finansial pada Lisa menjadi USD 4.000 per bulan. Namun setelah itupun, hubungan mereka masih pasang surut.

Lisa mengingat Jobs sebulan sekali bertemu dengannya dan kadang berkendara di mobil Porsche. Ketika Lisa bertanya apakah suatu hari mobil itu bisa menjadi miliknya, Jobs malah marah.

Putri Kandung Steve Jobs Buka-bukaan 'Aib' AyahnyaLisa Jobs. Foto: istimewa


"Kamu tidak akan mendapatkan apapun. Kamu mengerti? Tidak ada. Kamu tidak akan mendapatkan apapun," tandasnya.

Beberapa saat kemudian, Lisa pindah ke rumah Jobs pada saat remaja dan melarangnya bertemu dengan ibunya selama 6 bulan dengan alasan agar Lisa bisa menyesuaikan diri dengan keluarga Jobs. Ketika Lisa banyak mengikuti kegiatan di sekolah, Jobs jadi marah.

"Hal ini tidak bekerja. Kamu tidak sukses menjadi anggota keluarga ini. Kamu tidak pernah ada," sebut Jobs.

Meski uangnya begitu banyak, Jobs memang kadang bertingkah aneh dan membingungkan. "Terkadang dia memutuskan tidak membayar sesuatu di menit terakhir. Dia keluar dari restoran tanpa bayar," tulis Lisa.

Kemudian suatu hari, ketika sang ibu Chrissan Brennan menemukan sebuah rumah yang cantik dan meminta Jobs membelikannya untuk dia dan Lisa, pada awalnya Jobs setuju. Namun yang mengejutkan, ia memang membeli rumah tersebut tapi untuk dirinya sendiri dan istrinya, Laurenne Powell Jobs.

Small Fry akan segera diluncurkan ke pasaran. Tentu semua cerita tadi masih kisi-kisi dan perlu dibaca secara menyeluruh seperti apa sosok Jobs di buku itu menurut penuturan Lisa.


Saksikan juga video 'Siapa Sangka Steve Jobs Sebenarnya Gaptek':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/rou)
FOKUS BERITA Aib Steve Jobs

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed