Selasa, 28 Agu 2018 15:31 WIB

Bos Tokopedia Buka-bukaan Soal Kasus Flash Sale

Anggoro Suryo Jati - detikInet
CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Foto: Tokopedia CEO Tokopedia William Tanuwijaya. Foto: Tokopedia
Jakarta - CEO Tokopedia William Tanuwijaya angkat bicara soal kasus Flash Sale yang melanda Tokopedia beberapa hari lalu, dan mengeluarkan pernyataannya itu melalui postingan di akun Instagram pribadinya.

Menurut William, ada anggota tim Tokopedia yang melakukan pelanggaran pada 49 produk yang dijual pada kampanye Flash Sale mereka. Pelanggaran ini ditemukan ketika Tokopedia melakukan audit internal yang disebutnya rutin mereka lakukan.

"Rasanya sangat terpukul dan kecewa ketika mendapati ada beberapa anggota team yang melakukan pelanggaran sebanyak total 49 buah produk dari kampanye promosi Tokopedia," tulis William di akun @liamtanu itu.



49 produk ini, menurut William, memang angka yang kecil jika dibanding puluhan juta yang laku terjual lewat Tokopedia. Namun baginya bukan persoal seberapa kecil pelanggaran yang dilakukan.

"Ini adalah masalah integritas dalam menjaga titipan kepercayaan yang diberikan kepada Tokopedia. Maka tanggal 24 Agustus kemarin, Tokopedia telah dengan tegas memberhentikan seluruh anggota team yang terlibat dalam pelanggaran ini," tulisnya.

Pernyataan William ini sekaligus mengkonfirmasi kabar yang sebelumnya beredar, di mana Tokopedia disebut memecat puluhan karyawan yang diduga membuat pengguna Tokopedia tak bisa membeli barang yang dijual di kampanye Flash Sale secara adil.

Pernyataan resmi Tokopedia sebelumnya tak mengkonfirmasi pemecatan tersebut. Mereka hanya menyebut tak akan memberikan toleransi bagi karyawannya yang menyalahgunakan kepercayaan dan tak bisa menjaga integritasnya. Dan mereka tak segan memberi tindakan sesuai kebijakan perusahaan jika menemukan adanya pelanggaran.

"Sejak berdiri, Tokopedia percaya bahwa membangun bisnis adalah tentang membangun kepercayaan. Setiap titipan kepercayaan adalah sebuah amanah yang harus dijaga bersama oleh seluruh Nakama (sebutan karyawan Tokopedia, ed.) tanpa terkecuali," kata Priscilla Anais, Head of Corporate Communications Tokopedia, dalam keterangannya, Senin (27/8/2018). (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed