Selasa, 28 Agu 2018 13:08 WIB

Kronologi Kematian Penumpang Taksi Online di China

Virgina Maulita Putri - detikInet
Taksi Didi. Foto: Reuters Taksi Didi. Foto: Reuters
Beijing - Didi Chuxing yang dikenal sebagai Uber versi China, kembali didera masalah setelah gagal mencegah kematian seorang penumpangnya. Korban yang diidentifikasi sebagai Zhao diperkosa dan dibunuh oleh pengemudi Didi Hitch di kota Wenzhou, China.

Berdasarkan keterangan polisi, Zhao naik ke kendaraan milik pelaku pada pukul 13:00 waktu setempat, Jumat (24/8). Satu jam kemudian, ia mengirimkan SMS meminta tolong kepada temannya sebelum kemudian kehilangan kontak.

Pengemudi berusia 27 tahun bernama Zhong ditahan oleh polisi pada pukul 4:00 waktu setempat pada Sabtu (25/8). Ia kemudian mengaku telah memperkosa dan membunuh Zhao. Tubuh Zhao pun telah ditemukan dan investigasi masih berlangsung.



Didi mengatakan bahwa pengemudinya tidak memiliki catatan kriminal, telah memberikan dokumen yang asli dan lolos uji facial recognition sebelum mulai bekerja.

Tetapi, Didi mengatakan bahwa sebelumnya mereka telah menerima komplain dari penumpang lain terhadap pengemudi tersebut sehari sebelum insiden ini terjadi.

Penumpang tersebut mengatakan bahwa pengemudi membawanya ke daerah terpencil dan kemudian terus diikuti setelah penumpang tersebut keluar dari mobil.

Didi pun menyadari kelalaiannya karena tidak menindaklanjuti komplain tersebut.

"Insiden ini menunjukkan banyak kekurangan dengan proses customer service kami, terutama kegagalan untuk bertindak cepat atas keluhan penumpang sebelumnya dan proses berbagi informasi yang rumit dan kaku dengan polisi," kata Didi dalam keterangan resminya, seperti dikutip detikINET dari Reuters, Selasa (28/8/2018).



Kelalaian ini juga semakin diperparah karena ini merupakan insiden kedua bagi Didi sejak bulan Mei 2018, ketika seorang pramugari dibunuh oleh pengemudi Didi Hitch.

Setelah insiden tersebut, Didi menerapkan beberapa perubahan, salah satunya dengan membatasi pengemudi untuk mengambil penumpang dengan jenis kelamin yang sama pada pagi hari dan tengah malam. (fyk/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed