Senin, 27 Agu 2018 13:38 WIB

Windows 95 Kini Hadir dalam Bentuk Aplikasi

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Felix Rieseberg Foto: Dok. Felix Rieseberg
Jakarta - Pada masanya, Windows 95 adalah sistem operasi yang sangat populer. Nah, jika anda ingin bernostalgia dengan OS tersebut, kini Windows 95 hadir dalam bentuk aplikasi.

Felix Rieseberg adalah developer yang mengembangkan proyek ini, yang berbasis pada proyek yang sudah ada mengenai dukungan Windows 95, 98 dan sejumlah sistem operasi jadul lainnya.


Karena bentuknya aplikasi, Windows 95 bikinan Rieseberg ini tak membutuhkan partisi khusus di harddisk, dan bisa berjalan di atas Windows 10 dan sejenisnya, demikian dikutip detikINET dari Ubergizmo, Senin (27/8/2018).

Aplikasi ini berukuran cukup kecil -- untuk sebuah sistem operasi --, hanya 129 MB, dan bisa diunduh pada laman Github milik Rieseberg. Menariknya, Windows 95 ini juga kompatibel dengan sejumlah OS non Windows seperti macOS dan Linux.

Di dalam Windows 95 ini ada sejumlah aplikasi bawaan Windows, seperti Wordpad, MS Paint dan Minesweeper dan bisa dijalankan dari dalam aplikasi Windows 95 tersebut. Tentu saja, aplikasi Windows 95 ini didesain untuk sekadar nostalgia dengan OS tersebut. Namun jika ada yang ingin menggunakannya untuk kegiatan sehari-hari, mungkin hal itu bisa saja dilakukan. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed