Sabtu, 25 Agu 2018 15:09 WIB

Seoul Nomor 1 Soal Ketersediaan 4G, Jakarta?

Rachmatunnisa - detikInet
Ilustrasi internet. Foto: Axel Schmidt/Getty Images Ilustrasi internet. Foto: Axel Schmidt/Getty Images
Jakarta - OpenSignal sedang dalam proses peningkatan jangkauan mereka di Asia Timur. Baru-baru ini, mereka merilis laporan yang membandingkan kota-kota utama di Asia Timur yang menggunakan kecepatan 4G.

"Seoul dan Singapura adalah yang tercepat," tulis OpenSignal seperti dikutip detikINET dari keterangan resminya, Sabtu (25/8/2018).

Dalam laporan di kota-kota Asia Timur tersebut, OpenSignal juga mengukur ketersediaan 4G untuk para pengguna mereka di 12 kota yang menjadi pusat ekonomi.



"Setiap 12 kota yang kami analisis mewakili kunci penghubung ekonomi dan bisnis dalam negara mereka. Kami memeriksa data dari periode uji 90 hari antara bulan Maret dan Mei," kata OpenSignal.

Hasil pengukuran ketersediaan 4G tersebut memperlihatkan, Seoul berada di peringkat teratas dalam tabel mereka dengan skor ketersediaan 4G sebesar 97,9%.

Selain itu, Korea Selatan menjadi negara terdepan dengan jangkauan LTE, berdasarkan Laporan Keadaan LTE global terkini OpenSignal.

Tempat kedua dalam peringkat ketersediaan 4G diduduki oleh Jepang. Ibukotanya, Tokyo, meraih tempat kedua dalam analisis OpenSignal di kota Asia Timur.

"Kota tersebut tepat berada di belakang Seoul yang yang memimpin dengan skor ketersediaan 4G sebesar 96,3% dan kedua kota yang memimpin menjadi yang terdepan dibanding dengan kota berikutnya dalam pengukuran kami," rinci OpenSignal.

Tempat ketiga, ditempati Bangkok dengan skor pengukuran ketersediaan 4G sebesar 92,1%. Posisi selanjutnya diikuti Hong Kong yang memiliki skor tepat di angka 90%.

Dibandingkan dengan kota-kota lain yang diukur OpenSignal, untuk jangkauan LTE lima lainnya berada pada rentang 80%-90%. Salah satu kisah sukses yang mencolok mengenai hal ini adalah Yangon, di mana ketersediaan 4G-nya sebesar 82,8%.

"Cukup mengesankan ketika Anda mengira layanan 4G hanya diluncurkan di Myanmar dalam dua tahun terakhir. Yangon juga menempati posisi tinggi dalam perbandingan mengenai kecepatan 4G di kota-kota Asia Timur.

"Walau hal ini sebagian dapat dijelaskan dengan begitu rendahnya jumlah pengguna LTE di pasar mereka, perolehan jangkauan 4G lebih dari 80% patut untuk dipuji," sebut OpenSignal.

Menurut OpenSignal, skor Seoul yang mendekati 98% dalam ketersediaan 4G berada di antara skor tertinggi yang pernah mereka ukur, namun sepertinya tidak lebih baik.



"Kita dapat memperkirakan pengukuran melewati 98% dan bahkan mungkin mendekati 99% di kota-kota yang paling tersambungkan dalam beberapa tahun ke depan, tapi kami tidak yakin kita akan dapat melihat skor 100%," ujarnya.

Lantas, berada di mana posisi Jakarta, Indonesia? Jakarta ternyata berada di urutan nomor tujuh dengan skor mendekati 84%. Skor ibu kota Indonesia ini menempatkannya berada di dalam tengah tabel, tepat di belakang Singapura, di atas Kuala Lumpur dan Phnom Penh.

Berikut adalah urutan selengkapnya dalam tabel.

Seoul Nomor 1 Soal Ketersediaan 4G, Jakarta? dok. OpenSignal
(rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed