Senin, 20 Agu 2018 16:52 WIB

Decak Kagum Netizen Lihat #JoniAnakBeluKetemuJokowi

Rachmatunnisa - detikInet
Joni bertemu Presiden Jokowi. Foto: Ray Jordan/detikcom Joni bertemu Presiden Jokowi. Foto: Ray Jordan/detikcom
Jakarta - Yohanes Ande Kala atau Joni, siswa SMP asal Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) yang dikenal dengan aksi heroiknya memanjat tiang bendera, akhirnya bertemu dengan Presiden Joko Widodo.

Joni diundang makan siang bersama di Istana Negara, Jakarta, Senin (20/8/2018). Sebelum makan siang bersama, Jokowi memanggil Joni berdiri di sampingnya untuk ditanyai mengenai aksi heroiknya itu.

Jokowi mengatakan telah menyaksikan video viral yang menunjukkan aksi Joni memanjat tiang bendera setinggi 20 meter untuk membetulkan tali yang tersangkut agar Sang Saka Merah Putih bisa berkibar.



"Saya lihat di video ini juga terkaget-kaget. Tiangnya kan kecil sekali itu, dan tinggi sekali 20 meter. Di sini ada nggak yang berani naik seperti Joni. Kalau ada yang berani naik tiangnya yang dinaiki Joni saya beri sepeda," ujar Jokowi berkelakar.

Dia pun mengingatkan Joni bahwa aksinya itu berbahaya. Jokowi sendiri mengaku cemas menyaksikan Joni memanjat tiang bendera di salah satu lapangan di Kabupaten Belu, NTT itu.

Joni menceritakan bagaimana dia akhirnya memanjat tiang bendera setinggi 23 meter itu. "Jadi, pertama saya sakit perut. Terus dipanggil, suruh ke ruangan UKS," kata Joni.

Saat itu, dia mendengar Wakil Bupati bertanya siapa yang bisa memanjat tiang bendera. Joni mengaku, tanpa pikir panjang dirinya langsung berlari dan memanjat tiang bendera.



Pertemuan Joni dengan Jokowi menarik perhatian netizen. Foto-foto dan percakapannya dengan Jokowi di istana pun ramai ditweet oleh orang-orang yang mendadak menjadi fans berat Joni. Hashtag #JoniAnakBeluKetemuJokowi pun langsung melesat menjadi trending topic Twitter Indonesia.



















Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi mengundang Joni ke kantornya, dan ikut menyaksikan perhelatan pembukaan Asian Games 2018 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Sabtu (18/8).

Aksi Joni yang nekat memanjat tiang bendera setinggi 23 meter viral. Dalam video, terlihat sedang berlangsung upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI di sebuah lapangan di Kabupaten Belu, NTT.

Saat itu, tali yang seharusnya dipakai mengibarkan Sang Saka Merah Putih putus, sehingga kegiatan upacara terhenti sejenak. Joni spontan memanjat tiang bendera tersebut tanpa alas kaki hingga ke ujung dan membenarkan tali yang terputus itu. (rns/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed