Minggu, 19 Agu 2018 12:45 WIB

Momo Challenge Menyusup di Game Minecraft

Rachmatunnisa - detikInet
Ikon Momo Challenge. Foto: Internet Ikon Momo Challenge. Foto: Internet
Jakarta - Penampakan boneka seram yang menjadi ikon Momo Challenge terlihat di game populer Minecraft. Para orang tua pun diminta waspada.

Ikon ini diketahui ditambahkan ke dalam Minecraft oleh seorang modder, pencipta konten personalisasi untuk game merancang blok tersebut.

Para orang tua juga diperingatkan agar waspada terhadap kemunculan iklan yang mempromosikan Momo Challenge yang muncul di sejumlah video YouTube tentang game.



Modder Minecraft yang tidak diketahui identitasnya menambahkan avatar Momo yang mengejar pemain sambil memegang ponsel yang menampilkan ikon WhatsApp.

Seperti diketahui, Momo adalah identitas yang digunakan Momo Challenge boneka perempuan aneh, berambut hitam panjang, dengan bola mata yang menonjol dan sangat seram.

Penampakan Momo di Minecraft ini memunculkan kekhawatiran menggiring anak-anak mencari tahu tentang Momo Challenge dan menirunya.

Dikutip dari Daily Star, Jumat (17/8/2018), seorang polisi di Ohio, Amerika Serikat menggambarkan bagaimana putranya yang berusia 7 tahun melihat konten Minecraft di YouTube ketika ada iklan Momo muncul.

"Menakutkan. Dia mulai membicarakan Momo betapa aneh penampilannya. Lalu dia penasaran, mencari tahu siapa Momo dan akhirnya tahu kalau Momo adalah sebuah tantangan melakukan bunuh diri," kata Dave Carter menceritakan putranya.

"Awalnya mungkin sederhana saja. Anak-anak senang memainkan Minecraft dan melihat video Momo di YouTube, bagaimana memainkannya dan mereka mencari tahu," tambahnya.

Seperti diketahui, netizen terutama para orang tua diresahkan oleh Momo Challenge, sebuah tantangan yang tengah viral di dunia maya dan menyasar anak-anak sebagai korbannya.

Tantangan maut ini menjadi penyebab kematian seorang gadis berusia 12 tahun di Argentina.

'Permainan' ini menantang para pesertanya untuk menghubungi sosok misterius bernama Momo melalui WhatsApp. Setelahnya, mereka akan mendapatkan serangkaian tantangan yang harus dilakukan dalam beberapa hari.



Tantangan ini mirip dengan Blue Whale Challenge yang juga sempat meresahkan di 2017. Secara bertahap, korban tantangan ini diminta menyelesaikan sejumlah tantangan yang harus diselesaikan dalam 50 hari dan berakhir dengan bunuh diri.

Demikian juga halnya dengan Momo Challenge, sosok Momo akan mengirimkan serangkaian foto atau tantangan via WhatsApp yang menyuruh korban menyakiti dirinya sendiri, misalnya perintah mengirimkan foto mengikatkan kain di leher.

Di Eropa, pihak regulator mulai menyebarkan kampanye yang memperingatkan tentang Momo Challenge dan bahayanya bagi anak-anak. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed