Sabtu, 18 Agu 2018 12:05 WIB

Efek Boikot Erdogan, Impor iPhone ke Turki Dibatalkan

Fino Yurio Kristo - detikInet
Apple Store di Turki. Foto: istimewa Apple Store di Turki. Foto: istimewa
Jakarta - Impor iPhone ke Turki dibatalkan menyusul seruan boikot oleh sang presiden, Recep Tayyip Erdogan. Sepertinya seruan tersebut cukup bergaung di mana sebagian warga Turki mematuhinya.

Menurut media Turki, Hurriyet Daily, sejumlah importir mulai membatalkan pesanan iPhone dalam jangka pendek maupun jangka panjang ke negara itu. Setidaknya tiga perusahaan besar spesialis menjual produk elektronik dilaporkan menunda pesanan iPhone.

"Permintaan telah menurun. Kami pun meletakkan ponsel merek lokal di pajangan dan menyingkirkan iPhone," sebut seorang pemilik konter ponsel setempat.



Warga Turki rupanya mulai banyak yang bergabung dengan aksi boikot iPhone ini. Salah satunya mahasiswa bernama Ozgur Altinbas yang berencana tidak lagi menggunakan iPhone dan menggantinya dengan ponsel merek Asia.

"Saya seratus persen mendukung boikot ini," kata dia dengan mantap.

Sekitar 10 juta warga Turki menggunakan iPhone yang memang populer di sana seperti dikutip detikINET dari Xinhua.

Turki pun menjadi pasar cukup menarik bagi Apple. Buktinya sudah ada dua buah Apple Store di sana yang selalu dipadati pengunjung. Dengan permintaan Erdogan agar warga Turki tak lagi memakai iPhone, bisa jadi bisnis mereka akan terganggu.

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed