Kamis, 16 Agu 2018 20:37 WIB

Google One Tawarkan Cloud Storage Bertarif Murah

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: Dok. Google Foto: Dok. Google
Jakarta - Google memperkenalkan sebuah program baru bertajuk Google One yang menawarkan cloud storage bertarif murah. Seperti apa?

Google One sebenarnya adalah perubahan dari paket berlangganan Google Drive, namun dengan sejumlah paket baru yang memberikan opsi lebih banyak ke konsumennya, juga dengan tarif lebih murah. Perubahan ini juga menjadi diskon pertama kalinya yang diberikan oleh Google pada Google Drive selama empat tahun terakhir.

Paket termurah di Google One masih sama dengan paket di Google Drive, yaitu USD 1,99 per bulan untuk tambahan storage sebesar 100 GB. Perubahan baru terjadi pada paket di atasnya, yaitu USD 2,99 per bulan untuk tambahan storage sebesar 200 GB, dan mengubah tambahan storage pada paket USD 9,99 per bulan dari 1 TB menjadi 2 TB.


Selain paket yang tertulis di atas, tak ada perbedaan antara paket lama Google Drive dengan Google One. Namun sepertinya Google masih mempunyai sejumlah penawaran lain pada program Google One, namun sampai saat ini penawaran tersebut belum diumumkan.

Tambahan storage di Google One ini bisa dipakai secara bersama dengan lima akun Google lain yang sejatinya ditujukan untuk anggota keluarga. Namun tampaknya Google tak mengecek akun-akun yang didaftarkan, sehingga pengguna bisa menambahkan akun Google mana pun untuk bisa menikmati tambahan storage ini.

Perubahan nama menjadi 'One' ini diduga untuk mengklarifikasi kalau tambahan storage tersebut tak terbatas pada Drive, melainkan juga untuk Gmail dan Photos, demikian dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (16/8/2018).

Dibandingkan dengan penyedia cloud storage lain, paket yang diberikan oleh Google One ini tampaknya terbilang paling lengkap dan murah. Contohnya Microsoft, yang hanya memberikan storage 50 GB untuk tarif USD 1,99, paket termurah Dropbox dimulai pada USD 9,99, dan pesaing terdekatnya adalah iCloud yang tarifnya USD 0,99 untuk 50 GB, dan USD 2,99 untuk 200 GB. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed