Kamis, 16 Agu 2018 09:37 WIB

Reaksi Warga Turki Soal Ancaman Erdogan Boikot iPhone

Fino Yurio Kristo - detikInet
Racep Tayyip Erdogan. Foto: DW (News) Racep Tayyip Erdogan. Foto: DW (News)
Jakarta - Ancaman presiden Turki, Racep Tayyip Erdogan, untuk memboikot produk elektronik asal Amerika Serikat ditanggapi beragam oleh warga Turki. Ada yang mendukung, ada pula yang tidak.

Boikot iPhone ini sebagai salah satu tindakan balasan Erdogan karena AS turut berpengaruh dalam jatuhnya mata uang lira, yang membuat Turki terancam krisis ekonomi. Sebagai ganti iPhone, warga Turki diminta memakai Samsung atau ponsel buatan vendor lokal.

Beberapa jam setelah Erdogan mengutarakan seruan pemblokiran, pemakai iPhone setempat bernama Ayse Orga malah membeli model barunya di sebuah toko elektronik. Penjaga toko itu, Umit Yilmaz, menyebut memang banyak warga Turki menggemari iPhone.



"Aku sendiri punya anak usia 16 tahun yang menggemarinya. Coba saja ambil iPhone dari dia, kalau kamu bisa," kata Umit yang dikutip detikINET dari UNTV News.

Warga lain bernama Arif Simsek mengaku mendukung seruan Erdogan. "Kami mendukung penuh keputusannya. Kami mendukung dia dengan nyawa kami saat upaya kudeta dan sekarang kami juga akan mendukungnya," tutur dia.

Erdogan sendiri dikenal sering menggunakan iPhone Bahkan tidak cuma iPhone, melainkan juga iPad serta laptop MacBook. Kini dengan seruan boikot iPhone, Erdogan kemungkinan tidak akan lagi memakainya.



"Apapun yang kami beli dari luar negeri, kami akan memproduksinya di sini dengan kualitas yang lebih baik dan mengekspornya. Kami akan memboikot produk-produk elektronik AS," tandas Erdogan.

"Jika mereka punya iPhone, di pihak lain ada Samsung. Dan kami juga punya merek telepon sendiri. Kami akan memproduksinya dalam jumlah cukup untuk kami sendiri," tambah Erdogan.




Tonton juga 'Erdogan Ancam Boikot Produk Elektronik AS Termasuk iPhone':

[Gambas:Video 20detik]

(fyk/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed