Rabu, 15 Agu 2018 17:44 WIB

Mengenal Venus Phone, Senjata Erdogan Boikot iPhone

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
e3, salah satu varian ponsel dari Venus Phone. Foto: Istimewa e3, salah satu varian ponsel dari Venus Phone. Foto: Istimewa
Jakarta - Recep Tayyip Erdogan, Presiden Turki, baru saja mengeluarkan pernyataan yang mengejutkan. Ia berencana untuk memblokir iPhone dan barang-barang elektronik lain buatan Amerika Serikat di negara yang dipimpinnya.

"Kami akan memboikot barang-barang elektronik AS. Jika (Amerika Serikat) memiliki iPhone, ada Samsung di sisi lain. Kami (juga) punya Vestel Venus di negara kami," ujarnya.


Jika mendengar nama Samsung disebut oleh Erdogan sebagai alternatif lain dari iPhone, mungkin hal tersebut masih terdengar normal. Tapi, apa itu Vestel Venus yang disebut berikutnya?

Bagi yang masih kurang familiar dengan nama tersebut, itu adalah ponsel lokal Turki. Vestel merupakan perusahaan manufaktur asal negara tersebut yang bergerak di bidang elektronik dan kebutuhan rumah tangga. Mereka memiliki lini produk ponsel yang diberi nama Venus Phone.

Lantas, apakah smartphone tersebut sudah cukup mumpuni untuk bisa menggantikan kehadiran iPhone di Turki? Berdasarkan keterangan di situs resmi Vestel, Venus Phone memiliki tiga varian seri, yaitu Z, V, dan e.

Seri Z tampaknya jadi lini flagship bagi pabrikan tersebut. Hal tersebut tampak dari spesifikasinya dan harganya yang memang lebih tinggi dibanding seri V dan e.


Venus Z20 jadi ponsel termutakhir yang dipunya Vestel. Meski begitu, spesifikasinya tampak seperti ponsel kelas menengah milik brand-brand seperti Samsung, Oppo, Huawei, maupun Oppo.

Smartphone ini hanya ditenagai Qualcomm Snapdragon 630, Adreno 508, serta dilengkapi dengan RAM 4 GB dan ROM 64 GB. Kameranya pun bisa dibilang tak dapat dibanggakan, hanya mengusung 8 MP untuk selfie dan 16 MP + 5MP di bagian belakang.

Satu yang mungkin bisa jadi catatan spesial mungkin kapasitas memori internalnya. Dalam situs resminya, Vestel mengklaim slot kartu memori Z20 memiliki kapasitas hingga 2 TB, yang tentunya sangat besar.


Selain spesifikasinya yang terbilang tak istimewa, basis penggunanya pun cukup sedikit di Turki. Sampai Desember 2017 lalu, hanya 2,08% masyarakat Turki yang memiliki Venus Phone, sedangkan pengguna iPhone mencapai 17,41%.

Meski begitu, harganya yang cukup murah, sekitar 650-2.500 lira Turki (Rp 1,5 juta - Rp 6 juta) mungkin bisa jadi pertimbangan masyarakat Turki untuk beralih ke Venus Phone mengingat iPhone tergolong barang mewah di sana. Sebagai contoh, iPhone X dibanderol USD 1.143, atau sekitar Rp 16,7 juta, di Turki. (mon/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed