Selasa, 14 Agu 2018 12:42 WIB

Situs Capres Miliaran Mendadak Mau Digratiskan, Kenapa?

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Gettyimages Ilustrasi. Foto: Gettyimages
Jakarta - Situs capres yang beralamatkan prabowosandiaga.id dan jokowimaruf.id sudah tak menampilkan informasi jualan atau domain tersebut tengah dilego.

Kondisi tersebut terpantau sejak kemarin (13/8) hingga hari ini. Tampilan kedua situs tersebut hanya menampakkan ikon gear yang terletak di tengahnya.

Menurut Ketua Umum Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), Andi Budimansyah, ada seseorang yang merupakan pemilik kedua domain tersebut mengirim sebuah email ke PANDI.



"Seseorang yang mendaftarkan tersebut sudah menyampaikan kepada PANDI melalui email tentang niatannya sebagai simpatisan dan bermaksud menyukseskan kontestasi politik capres dan cawapres tersebut," ungkap Andi kepada detikINET, Selasa (14/8/2018).

Disampaikannya bahwa seseorang yang dimaksud adalah pemilik dari kedua domain, yakni prabowosandiaga.id dan jokowimaruf.id ini. Mengenai siapa orang tersebut, PANDI tak bisa mengungkapkanya ke publik.

"Kita mengikuti aturan tentang perlindungan data pribadi pengguna. Kita tahu siapa orangnya, tapi tidak mengungkapkannya," ucapnya.

Lebih lanjut lagi, kata Andi, orang tersebut menyatakan bersedia untuk bekerja sama dan menyerahkan domain yang telah didaftarkannya, yakni prabowosandiaga.id dan jokowimaruf.id.



"Apabila ada pihak-pihak yang mempunyai legitimate interest terhadap domain tersebut, mau dihibahkan katanya atau gratis," sambungnya.

Sebelumnya, domain beralamatkan prabowosandiaga.id sempat tertera akan dijual Rp 1 miliar. Sedangkan, untuk domain jokowimaruf.id dilego lebih besar lagi, yakni mencapai Rp 2 miliar.




Tonton juga 'Nggak Cuma Prabowo-Sandi, Situs Jokowi-Maruf Dijual Rp 2 M':

[Gambas:Video 20detik]

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed