Senin, 13 Agu 2018 08:29 WIB

Garap Mobil Otonom, Mantan Teknisi Tesla Balik ke Apple

Indissa Salsabila - detikInet
Foto: Carscoops Foto: Carscoops
Jakarta - Doug Field, mantan eksekutif teknik yang sebelumnya mengawasi produksi Tesla Model 3, kini kembali ke Apple. Dia akan bekerja sama dengan Bob Mansfield, pemimpin program mobil otonom Apple, Project Titan.

Field pernah bekerja untuk Divisi Mac Apple di tahun 2013, sebelum akhirnya pindah ke perusahaan milik Elon Musk. Pengunduran dirinya dari Tesla terjadi pada Mei lalu, dan diumumkan secara resmi oleh Tesla pada Juli.

.

Dikutip dari Business Insider, Apple telah mengonfirmasi kembalinya Field dan membeberkan peran barunya. Kabar tersebut diikuti dengan informasi mengenai Project Titan yang dimunculkan bulan lalu, serta mengisyaratkan bahwa program ini tampaknya lebih kuat dibanding yang diperkirakan sebelumnya


Menurut pernyataan tertulis pada investigasi yang dilakukan oleh FBI, Apple telah mengerjakan komponen yang dapat digunakan pada beberapa tipe kendaraan. Disebutkan pula bahwa perusahaan yang saat ini dipimpin oleh Tim Cook juga menciptakan prototipe dan memiliki persyaratan untuk daya, sistem baterai, dan dudukan suspensi drivetrain pada Project Titan.

Garap Mobil Otonom, Mantan Teknisi Tesla Balik ke AppleDoug Field. Foto: Carscoops


Sebelumnya diberitakan, dalam wawancara dengan Bloomberg, CEO Apple Tim Cook sempat mengeluarkan pernyataan soal proyek mobil otonom itu. Dalam wawancara tersebut Cook menjelaskan kalau proyek tersebut awalnya bernama Project Titan, yang awalnya bertujuan untuk mendesain sebuah mobil otonom secara komplit.


Namun dalam perkembangannya, rencana tersebut akhirnya berubah menjadi tim kecil yang beranggotakan 1000 orang pada Oktober 2016 lalu. Dan hal yang tersisa dari proyek tersebut adalah pengerjaan sistem otonom mobil, yang dianggap sebagai induknya semua proyek artificial inteligence (AI) atau kecerdasan buatan yang ada.

Jadi, Project Titan yang dikerjakan Apple itu secara garis besar hanyalah sebuah sistem atau software untuk mobil otonom. Namun bisa saja di masa yang akan datang sistem tersebut digunakan dalam berbagai situasi yang membutuhkan sistem otonom. Namun Cook menolak untuk menjelaskan secara spesifik soal Project Titan yang digarapnya itu.




Tonton juga 'Top! Apple Jadi Perusahaan AS Pertama Senilai US$ 1 Triliun':

[Gambas:Video 20detik]

(afr/afr)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed