Kamis, 09 Agu 2018 14:29 WIB

Google Gembleng Sejuta UKM Indonesia

Agus Tri Haryanto - detikInet
Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto
Jakarta - Terhitung sejak tahun 2015, sudah ada pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) sudah digembleng oleh Mbah Google, sebutan masyarakat Indonesia kepada mesin pencari internet tersebut.

Satu juta pelaku UKM tersebut dilatih oleh Google, baik melalui kombinasi antara pelatihan langsung dan program pelatihan digital, seperti Gapura Digital dan Womenwill.



"Satu juta UKM tersebut sampai sekarang sudah online semua," ucap Head of Marketing Google Indonesia Veronica Utama di Pasar Mayestik, Jakarta, Kamis (9/8/208).

Pelatihan ini menjadi upaya mendorong pelaku UKM untuk go online. Dengan memanfaatkan internet, mereka akan merasakan pemasaran produknya yang lebih luas lagi dari sebelumnya saat masih offline.

Kemitraan Google Indonesia dan Kementerian Perindustrian membawa UKM Go Online.Kemitraan Google Indonesia dan Kementerian Perindustrian membawa UKM Go Online. Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto


Selain itu, hal ini juga sebagai bentuk mendukung pemerintah terkait industri 4.0, Google menyediakan pelatihan keterampilan digital yang dilakukan Kementerian Perindustrian lewat program Sahabat Go Digital.

"Kita latih para UKM ini sampai 90 hari. Itu pelatihannya dari pihak internal Google sendiri untuk melebarkan sayapnya yang lebih luas," ungkapnya.


Tinggalkan Cara Lama, Kini Ada UKM Online , tonton videonya di sini:

[Gambas:Video 20detik]


Veronica menyebutkan ke depannya ingin melatih sampai sekitar 8-10 juta UKM, mengingat masih banyak yang belum bergerak untuk memanfaatkan layanan internet dalam memasarkan produknya.

"Angka tersebut belum diketahui kapan terealisasinya. Kalau bicara 2020 yang Indonesia akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara, mungkin bisa mencapai dua juta pelatihan," tuturnya


(agt/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed