BERITA TERBARU
Senin, 06 Agu 2018 21:50 WIB

Facebook Messenger Bisa Pesan Tiket Pesawat

Indissa Salsabila - detikInet
Foto: Istimewa Foto: Istimewa
Jakarta - Scoot, maskapai penerbangan Singapura, merilis transaksi chatbot pertama di Asia. Maskapai ini memungkinkan calon penumpang memesan dan membayar biaya penerbangan dengan kartu kredit pada Facebook Messenger.

Menurut juru bicara Scoot, ada 14 pemesanan yang telah dibuat ke beberapa tempat seperti Australia, China, dan Malaysia. Pemesanan ini kebanyakan dilakukan oleh pelanggan dengan usia 40 sampai 50 tahun.

Penerbangan ini dipesan untuk anggota keluara dan memerlukan waktu 7 menit untuk menyelesaikan pemesanan. Cara ini dinilai cukup baik, mengingat pemesanan tiket penerbangan secara manual akan memerlukan waktu yang cukup lama.



Adalah MARVIE, robot yang membalas semua pemesanan yang masuk ke maskapai penerbangan Scoot. MARVIE merupakan singkatan dari Most Awesome and Resourceful Virtual Intern Ever.

Bot ini bertugas mencatat pemesanan tiket penerbangan, menerima kode promo, dan di masa mendatang bot akan memungkinkan penumpang untuk memilih kursi pesawat. Saat ini, perusahaan juga sedang mengusahakan metode pembayaraan lain selain kartu kredit.

Sejak pertama kali MARVIE hadir di Facebook, Scoot telah mendapatkan permintaan Messenger tiga kali lebih banyak. Sebelumnya, hanya ada 50 permintaan setiap hari. Kini, jumlahnya menjadi lebih dari 1.750 permintaan per hari.



Tidak hanya Scoot, ada beberapa maskapai penerbangan lain yang juga memungkinkan pengguna memesaan tiket pesawat melalui chatbot seperti Iceland Air dan Transavia. Bahkan, Transavia juga memungkinkan pelanggannya melakukan pemesanan tiket pesawat melalui WhatsApp. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed