Minggu, 05 Agu 2018 19:33 WIB

Soal Momo Challenge, KPAI: Dampingi Anak-anak Akses Ponsel

Dhani Irawan - detikInet
Foto: Thinkstock Foto: Thinkstock
Jakarta - Momo Challenge tengah viral lantaran menyebabkan sejumlah orang tewas bunuh diri. KPAI pun mengimbau agar para orang tua mengawasi putra-putrinya agar tidak mengikuti tantangan viral yang membahayakan.

"Kami mengimbau semua orang tua agar mendampingi anak saat bermain. Pastikan anak bermain dengan waktu yang tepat, konten yang positif, dan mampu memilih sesuai dengan tahapan perkembangan anak," kata Ketua KPAI Susanto, Minggu (5/8/2018).

"Orang tua jangan hanya hadir saat anak menghadapi masalah, tapi harus hadir agar tak muncul masalah. Inilah hal prinsip pengasuhan yang positif," imbuh Susanto.



Momo Challenge disebut sebagai suatu permainan tantangan yang tengah viral. Dilansir thesun.co.uk, Minggu (5/8/2018), berdasarkan Computer Crime Investigation Unit di the Mexican state of Tabasco, permainan itu berawal dari Facebook yang para anggotanya ditantang berkomunikasi dengan sebuah nomor tak dikenal.

Kecurigaan polisi atas kematian bocah 12 tahun di Argentina itu dengan Momo Challenge itu lantaran ditemukan adanya komunikasi antara si bocah dengan sosok yang disebut Momo dalam WhatsApp.



Mereka yang memulai tantangan harus berkomunikasi dengan Momo melalui WhatsApp. Dari penelusuran, nomor yang digunakan Momo berasal dari Jepang, Kolombia, dan Meksiko.

Setelahnya, mereka akan mendapatkan serangkaian tantangan dalam beberapa hari hingga akhirnya diharuskan bunuh diri pada hari terakhir. Tantangan ini mengingatkan pada Blue Whale Challenge yang menyebabkan 130 korban tewas di Rusia. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed