Ada Fitur Baru Biar Tak Kecanduan Facebook dan Instagram

Ada Fitur Baru Biar Tak Kecanduan Facebook dan Instagram

Indissa Salsabila - detikInet
Jumat, 03 Agu 2018 15:35 WIB
Foto: Reuters
Jakarta - Facebook dan Instagram memperkenalkan fitur terbarunya yang akan mengingatkan pengguna jika mereka sudah terlalu lama menggunakan kedua layanan tersebut.

Tak dapat dipungkiri, hampir sebagian besar orang menghabiskan waktunya bermain ponsel, terutama media sosial (medsos). Hal tersebut tentu akan mengurangi tingkat produktivitas seseorang.

Itu sebabnya, sebagai bentuk tanggung jawab menjadikan penggunanya lebih produktif, Facebook dan Instagram menghadirkan fitur pengingat.



Pengguna Facebook dapat membuka halaman pengaturan dan pilih 'Waktu Anda pada Facebook'. Sedangkan di Instagram, pengguna dapat membuka pengaturan, kemudian pilih 'Aktivitas Anda.'

Pada dasarnya, kedua fitur ini memiliki kegunaan dan tampilan yang sama. Pertama, pengguna akan melihat dashboard aktivitas yang menunjukan berapa rata-rata waktu yang telah dihabiskan untuk membuka aplikasi pada perangkat yang digunakan.

Terdapat pula informasi mengenai total waktu yang dihabiskan pengguna untuk mengakses Facebook atau Instagram pada hari itu.

Fitur Baru Facebook dan Instagram Bikin Produktif


Pengguna juga dapat mengatur sebuah pengingat harian dengan interval limit waktu yang berbeda-beda untuk mengingatkan sudah berapa lama pengguna menghabiskan waktu untuk berselancar pada platform. Nantinya, pengingat tersebut akan muncul memperingati pengguna bahwa mereka telah menghabiskan batas waktu yang dipilih.

Namun, pengingat harian ini tidak akan membuat pengguna keluar dari aplikasi, fitur tersebut hanya akan mengingatkan pengguna akan waktu yang telah dihabiskan. Pengguna juga dapat mengubah atau membatalkan limit waktu yang sudah ditentukan.

Perusahaan yang dipimpin oleh Mark Zuckerberg ini mengaku terinspirasi dan berkolaborasi dengan ahli kesehatan mental terkemuka, beberapa organisasi, dan akademisi untuk membuat fitur ini.



Mereka bahkan mengadakan penelitian secara ekstensif, serta melihat feedback dari komunitas untuk membangun fitur yang akan dirilis oleh perusahan dalam waku dekat.

Facebook dan Instagram juga memperkenalkan fitur baru lainnya yang dapat mematikan notifikasi yang muncul pada aplikasi untuk jangka waktu yang dapat dipilih, yakni antara 15 menit hingga 8 jam. (rns/rou)