Google Docs Koreksi Tata Bahasa dengan AI

Google Docs Koreksi Tata Bahasa dengan AI

Indissa Salsabila - detikInet
Kamis, 26 Jul 2018 22:25 WIB
Foto: Google
Jakarta - Google Docs memperkenalkan Grammar Suggestion, sebuah fitur untuk memperbaiki kesalahan tata bahasa Inggris.

Update Grammar Sugesstion pada Google Docs ini baru dapat dinikmati pengguna G Suite, sebuah tool bisnis Google yang digunakan di Early Adopter Program.

Pembaruan tersebut memanfaatkan mesin penerjemah untuk mengetahui kesalahan tata bahasa Inggris, mulai dari penggunaan 'a' atau 'an' hingga ke tata bahasa yang lebih rumit seperti struktur kalimat.



Seperti dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (25/7/2018), teknologi machine translation yang diandalkan Google untuk Google Docs merupakan teknologi yang sama seperti yang Google gunakan untuk menerjemahkan berbagai bahasa.

Bedanya, mesin penerjemah ini tidak akan digunakan untuk misalnya, menerjemahkan teks Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, tetapi akan digunakan untuk menilai penggunaan kata yang tidak tepat, tata bahasa, tanda baca, dan lain-lain.

Belum ada detail rinci mengenai kemampuan fitur grammar checker ini atau tentang kecerdasan buatan (AI) yang digunakan.

Google Docs Koreksi Tata Bahasa dengan AI Foto: Google


Google sendiri telah mengatakan bahwa mesin penerjemahan yang mereka kembangkan telah sangat maju. Dua tahun yang lalu, mereka mengumumkan bahwa teknologi penerjemahan miliknya telah memiliki tingkat akurasi setara manusia.

Penggunaan AI dalam fitur pengecek tata bahasa memang bukan hal yang baru. Sebelumnya, layanan grammar checker populer Grammarly telah menggunakan sistem AI yang cukup canggih untuk menganalisis setiap kata.



Fitur grammar checker ini tidak akan langsung tersedia kepada publik. Layanan ini akan diluncurkan untuk pengguna bisnis dan harus diaktifkan oleh administrator perusahaan untuk dapat digunakan.

Google belum mengumumkan kapan fitur ini akan tersedia kepada publik. Google juga tidak mengumumkan bahasa apa saja yang akan tersedia di layanan barunya tersebut saat diluncurkan. (rns/rns)