Selasa, 24 Jul 2018 12:36 WIB

Permudah Usaha di Rumah, Sandiaga: Biar Seperti Apple

Agus Tri Haryanto - detikInet
Sandiaga berbicara di panggung. Foto: Agus Tri Haryanto/inet Sandiaga berbicara di panggung. Foto: Agus Tri Haryanto/inet
Jakarta - Sebelum Apple dan Microsoft sebesar saat ini, kedua perusahaan tersebut memulai bisnisnya di garasi rumah. Hal itu yang ingin ditiru oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan pihaknya ingin mempermudah izin usaha yang bisa dilakukan di rumah untuk bisnis tertentu. Sebelumnya, persepsi izin usaha di Ibu Kota selalu dihadang oleh birokrasi yang panjang.

"Bagaimana izin usaha di Jakarta itu mudah. Biasanya kreatif inovasi itu muncul saat di rumah. Dapat ide yang bisa memulai usaha. Makanya, sekarang kita buat izin usaha mikro kecil dan diperbolehkan untuk usaha-usaha tertentu untuk memulai usahanya di rumah," tuturnya.



Dengan izin tersebut, Sandiaga berharap warga DKI dapat melahirkan bisnis dari ide yang sudah terpikirkan sebelumnya di rumah.

Ia menilai bahwa usaha berawal dari rumahan ini bisa meniru kesuksesan Apple dan Microsoft yang memang tercipta di garasi rumah pendirinya, Steve Jobs dan Steve Wozniak dengan Apple-nya, kemudian Bill Gates dengan Paul Allen dengan Microsoft-nya.

"Kita ingin ada garasi inovasi. Kita nggak mau mereka terkungkung karena Nike, Apple, dan Microsoft itu mulanya dari garasi. Jadi, izin dipermudah," ungkap dia.

Selain mempermudah izin usaha, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta juga akan memberi sedikit pelatihan dan pendampingan kepada pada pelaku usaha tersebut.

"Tapi pelatihannya ini bukan dari Pemprov tapi dari seperti Heret Frasthio (founder Elders Garage) dan Stefanie Kurniadi (founder Warunk Upnormal) yang sudah sukses dan melahirkan sesuatu," ucapnya. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed