Senin, 23 Jul 2018 13:32 WIB

Ozil Pensiun dari Timnas Jerman Hebohkan Netizen

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Mesut Ozil berseragam timnas Jerman. Foto: Michael Dalder /Reuters Mesut Ozil berseragam timnas Jerman. Foto: Michael Dalder /Reuters
Jakarta - Pemain Arsenal berkebangsaan Jerman, Mesut Ozil, membuat pernyataan yang mengejutkan melalui akun Twitter miliknya. Pesepak bola yang baru berusia 29 tahun tersebut memutuskan untuk pensiun dari tim panser.

"Beberapa minggu belakangan ini saya mendapat waktu untuk bercermin dan memikirkan kejadian pada beberapa bulan lalu. Karena itu, saya ingin membagikan apa yang saya pikir dan rasakan mengenai apa yang terjadi," tulisnya lewat akun Twitter miliknya.


Kejadian yang dimaksud adalah pertemuannya dengan presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan pada Mei lalu. Meski pertemuan keduanya diakui oleh Ozil merupakan bentuk penghargaannya terhadap pribadi yang memimpin negara asal leluhurnya, namun sejumlah media Jerman justru menggambarnya sebagai kepentingan politik.

Selain itu, ia pun menjelaskan keresahannya terhadap media Jerman yang justru mengkritisi darah Turki di dalam dirinya pasca tersingkirnya tim panser dari Piala Dunia 2018 secara tragis. Keadaan tersebut diperparah dengan pernyataan dari Presiden DFB (PSSI-nya Jerman), Reinhard Grindel, terhadap dirinya.

"Di mata Grindel dan para pengikutnya, saya adalah orang Jerman ketika kami menang, tapi ketika kami kalah saya hanyalah imigran," tulisnya.

Hal tersebut sontak mendapat perhatian netizen di dunia maya. Salah satunya datang dari Maher Zain. Penyanyi berkebangsaan Swedia berdarah Libanon tersebut menunjukkan dukungannya lewat tagar #IStandWithOzil dan #NoToRacism yang ditulisnya lewat akun Twitter miliknya.


Selain itu, ada juga warganet yang memuji Ozil telah membongkar borok terkait isu rasisme di dalam asosiasi sepak bola Jerman. Banyak juga yang memuji keputusannya untuk mundur setelah apa yang direngkuhnya bersama tim nasional berjuluk Der Panzer.

Ia tergabung di dalam skuat Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014. Ozil juga sudah lima kali meraih penghargaan pemain Jerman terbaik, sekaligus memegang rekor assist terbanyak dengan torehan 40 umpan berbuah gol.




























(mon/rou)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed