Minggu, 22 Jul 2018 17:23 WIB

Yuk Cegah Hoax dengan Tulisan-tulisan Positif

Anggoro Suryo Jati - detikInet
Foto: ilustrasi/thinkstock Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Semakin maraknya persebaran konten hoax kian menimbulkan keresahan bagi masyarakat pengguna internet. Namun demikian, nyatanya belum semua orang mencoba melakukan tindakan nyata untuk mencegah persebaran konten hoax.

Merasa risih dan tidak nyaman dengan situasi tersebut, Rif'atunnisa (Rifa), seorang mahasiswa yang tengah menuntut ilmu di Universitas Terbuka Jakarta dengan jurusan Komunikasi, berupaya melakukan upaya untuk melakukan perubahan nyata bagi terciptanya lingkungan internet yang lebih positif.

Berlandaskan keinginannya untuk paling tidak meminimalisir persebaran hoax, Rifa berpartisipasi dalam lomba blog "Bagaimana Saya akan Melawan Konten Hoax" yang diselenggarakan oleh C2live pada Februari-Maret lalu.

Yuk Cegah Hoax dengan Tulisan-tulisan PositifFoto: Dok. C2Live

Melalui tulisannya yang berjudul "Cegah Hoax dengan 5 Peran Ini! Apa Sajakah?", Rifa berhasil menjadi pemenang utama lomba ini dengan memberikan solusi inovatif untuk melawan penyebaran hoax. Menurut Rifa, persebaran konten hoax di Indonesia tidak bisa diatasi jika tidak dimulai dari diri kita sendiri.

"Beragam konten hoax bisa saja datang kepada kita setiap harinya, tapi kita bisa meminimalkan penyebarannya dengan menyaring konten-konten tersebut dan tidak gegabah dalam menyebarluaskannya," ujarnya dalam keterangan pers yang diterima detikINET.

Di sinilah blogger dan penulis dapat ikut ambil peran dalam mencegah persebaran konten hoax," ungkapnya. Dengan menjelaskan apa yang dimaksud dengan konten hoax dan bagaimana cara menghadapinya dengan bijak melalui tulisan, blogger dapat membantu masyarakat untuk lebih hati-hati dan waspada dalam menanggapi berita bohong.

Di sisi lain, menulis sendiri memang sudah menjadi hobi Rifa sejak ia masih duduk di bangku Sekolah Dasar. Rasa ingin berbagi mendorongnya untuk tetap menulis. Akan tetapi, lebih dari sekadar berbagi, Rifa memiliki angan untuk memotivasi generasi muda agar mereka lebih sering berinisiatif memberikan dampak positif bagi bangsa.

"Saya berharap dengan menulis, saya akan memberikan motivasi dan inspirasi untuk banyak orang, terutama generasi muda, sehingga akan semakin banyak jiwa jiwa muda yang berani menuangkan gagasan, ide ataupun pengalamannya dalam sebuah tulisan. Dengan begitu, kita bisa saling belajar dan bisa saling menginspirasi orang lain," jelas Rifa.

Berdasarkan tujuan itulah, Rifa kemudian menamai blognya sebagai "Famotiva" δΈ€ "Fa" sebagai bagian dari namanya, dan "Motiva" dari kata "motivasi". Karena alasan ini juga Rifa memutuskan untuk ikut serta dalam lomba blog yang diadakan oleh C2live, yakni untuk memotivasi generasi muda agar mereka mau dan mampu melawan persebaran kontan hoax dengan cara sederhana yang bisa langsung dipraktikkan dalam kehidupan sehari-hari.

Senada dengan hal tersebut, C2live selaku penyelenggara kompetisi blog ini juga memiliki keinginan untuk memajukan potensi generasi muda Indonesia, terutama blogger dan penulis, sehingga mereka bisa menghasilkan konten-konten brilian untuk memberikan kontribusi positif bagi bangsa.

Didorong dengan semangat tersebut, C2live terus mengembangkan diri sebagai platform teknologi terintegrasi untuk mendorong para blogger agar mereka bisa lebih aktif menuangkan gagasan-gagasan brilian serta menggaungkan pesan-pesan positif bagi pembaca tanah air.

C2live Connect merupakan salah satu produk teknologi yang digagas oleh C2live yang memungkinkan suatu brand atau beragam pihak lainnya untuk menyelenggarakan kompetisi blog dengan cara yang mudah dan efektif. Sistem yang dibangun akan membantu penyelenggara untuk menyeleksi para peserta kompetisi sesuai syarat dan ketentuan yang ditetapkan, sehingga bukan hanya menghemat banyak waktu dan tenaga, tapi juga memudahkan proses penjurian nantinya.

Melalui beragam layanan dan kemudahan yang ditawarkan, C2live berharap agar ke depannya platform yang dikembangkan bisa meningkatkan pemberdayaan bagi para blogger sehingga mereka bisa mendapatkan pengalaman blogging yang lebih menyenangkan dan terus menyebarluaskan konten-konten positif yang menginspirasi. (asj/asj)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed