Jumat, 20 Jul 2018 18:04 WIB

Siri Ucapkan Selamat Tinggal Pada Penciptanya

Indissa Salsabila - detikInet
Foto: Getty Images Foto: Getty Images
Jakarta - Tom Gruber, orang terakhir dari tiga co-founder asisten suara Siri yang masih ada di Apple, akhirnya pensiun dari perannya sebagai Head of Advanced Development Group di Siri.

Keluarnya Gruber dikonfirmsi juru bicara Apple yang mengatakan bahwa ia pensiun untuk mengejar ketertarikannya pada fotografi dan konservasi laut.



Melihat perubahan besar yang terjadi setelah kepemimpinan bos baru Siri, John Giannandrea yang sebelumnya merupakan Head of AI and Search Google, membuat Gruber tenang meninggalkan Siri.

Kilas balik mengenai Siri, Gruber membuat asisten virtual ini bersama dengan Dag Kittlaus dan Adam Cheyer. Awalnya, mereka bertiga merilis Siri sebagai aplikasi pada iOS di App Store di 2010.

Dalam perjalanannya, Apple akhirnya memiliki Siri sepenuhnya, dua bulan setelah aplikasi tersebut dirilis. Masuknya Siri menjadi bagian Apple juga menjadikan Cheyer, Kittlaus, dan Gruber bergabung dengan perusahaan.

Kittlaus pergi meninggalkan Apple pada 2011, kemudian disusul Cheyer di 2012. Mereka berdua bergabung membangun Viv, sebuah proyek kecerdasan buatan baru yang dimiliki Samsung pada 2016.



Samsung menggunakan Viv untuk membuat Bixby, asisten virtual pesaing Siri yang ada di perangkat Samsung saat ini.

Bersamaan dengan pensiunnya Gruber, juru bicara Apple mengatakan bahwa Head Research di Apple, Vipul Ved Prakash, juga dikabarkan meninggalkan perusahaan. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed