BERITA TERBARU
Rabu, 18 Jul 2018 15:15 WIB

Elon Musk Akhirnya Minta Maaf Pada Penyelam Gua Thailand

Muhamad Imron Rosyadi - detikInet
Elon Musk. Foto: istimewa Elon Musk. Foto: istimewa
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam
Jakarta - Selagi bola salju belum bergulir terlalu besar. Mungkin begitu pemikiran Elon Musk dalam melihat konfliknya dengan Vern Unsworth, salah satu anggota tim penyelamat 13 korban gua di Thailand.

Melalui akun Twitter miliknya, CEO SpaceX tersebut mengaku terbawa amarah sehingga mengeluarkan kata-kata yang tak sepantasnya kepada Unsworth. Emosinya itu, sebagaimana diakui oleh Elon sendiri, muncul lantaran penyelam tersebut dianggapnya melontarkan pernyataan yang keliru terkait dengan usahanya dalam membantu para korban gua Tham Luang.

"Kata-kata yang saya ucapkan adalah luapan kemarahan setelah Unsworth mengatakan beberapa hal-hal menyimpang terhadap kapal selam mini, yang padahal saya buat berdasarkan asas kebaikan dan sudah mengikuti spesifikasi dari pemimpin tim penyelamat," tulisnya.

Lalu, dengan membalas kicauan di atas, ia mengucapkan permohonan maafnya kepada Unsworth. Baginya, kesalahan kembali lagi kepada dirinya sendiri.

"Meski demikian, ucapannya terhadap saya tidak juga bisa membenarkan kata-kata saya kepadanya, dan untuk itu saya meminta maaf kepada Unsworth dan kepada perusahaan yang saya pimpin. Kesalahan ada pada diri saya dan saya pribadi," cuitnya.


Keputusannya untuk meminta maaf pun mendapat tanggapan positif dari pengguna Twitter lain, dengan beberapa di antara mereka ada yang berasal dari Thailand. Warganet asal Negeri Gajah Putih itu pun turut mengapresiasi usaha Elon dalam membantu 12 bocah peserta pelatih sepak bola yang terperangkap di dalam gua.



















Sebagaimana diketahui, akar permasalahan bermula dari ucapan Unsworth yang mengatakan bahwa usaha CEO Tesla dalam membantu korban gua Thailand hanyalah kepentingan publisitas. Kapal selam yang dibuat Elon pun dianggapnya tidak akan bisa menolong korban karena terlalu kaku untuk dibawa ke dalam gua.

Padahal, CEO The Boring Company tersebut membuat kapal selam mini lantaran diminta oleh Richard Stanton, salah satu pemipin tim penyelam. Stanton yang khawatir terhadap anak-anak yang tidak kuat bertahan di dalam gua meminta Elon untuk meneruskan pengerjaan alat penyelamat tersebut.



Ini video saat Elon Musk dikecam karena menghina penyelamat Gua Thailand

[Gambas:Video 20detik]



Mendapat kritik sedemikian rupa ternyata memancing Elon untuk melancarkan balasan dengan menyebut Unsworth sebagai "pedo guy". Perkataannya itu membuatnya menjadi sorotan dunia dan banyak mendapat kecaman. Para investor Tesla pun turut mendesaknya untuk meminta maaf.

Mendapat cacian seperti itu, Unsworth pun juga tidak tinggal diam. Ia dilaporkan telah didekati dua orang pengacara, masing-masing berasal dari Amerika Serikat dan Inggris, untuk membawa masalah ini ke meja hijau. Hal tersebut disebabkan Elon dianggap melakukan penistaan terhadap ahli gua itu.
Elon Musk Akhirnya Minta Maaf Pada Penyelam Gua Thailand
(mon/fyk)
FOKUS BERITA Elon Musk Dikecam

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed