Rabu, 18 Jul 2018 11:20 WIB

Akhirnya, Negara Ini Bisa Cicipi Jaringan 3G

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: GettyImages Ilustrasi. Foto: GettyImages
Jakarta - Di saat negara lain sudah menggunakan layanan 4G dan bersiap menuju jaringan generasi kelima, negara ini baru memulai jaringan 3G.

Adalah Kuba, yang akhirnya menyediakan akses internet melalui jaringan seluler 3G. Kuba sendiri berada di Amerika Utara. Untuk diketahui, negara ini memiliki hubungan dekat dengan Indonesia karena jalinan persahabatan di antara Presiden Soekarno dengan Fidel Castro.

Dikutip detikINET dari Reuters, Rabu (18/7/2018), pemerintah setempat mulai menggelar akses internet mobile ini untuk meluncurkan layanan secara nasional pada akhir tahun. Selain itu, upaya Kuba ini adalah untuk terhubung dengan belahan Bumi lainnya.



Lembaga pemerintahan akan menjadi yang pertama merasakan akses internet 3G ini. Presiden Kuba Miguel Diaz-Canel mengatakan, kebijakan tersebut dilakukan guna meningkatkan ekonomi negara dan membantu Kuba tetap mempertahankan revolusi mereka.

Kuba memang sangat terbatas untuk menyediakan akses internet di negaranya. Hingga 2013, untuk berselancar di dunia maya, sebagian bisa diakses di hotel-hotel wisata.

Sejak saat itu, pemerintah mulai meningkatkan konektivitas sebagai prioritas, ditandai adanya cybercafe dan hotspot WiFi, hingga internet rumah.

Sebelumnya, Diaz Canel terbilang orang yang vokal memperjuangkan ketersediaan internet negaranya. "Kita harus bisa meletakkan konten revolusi online," ucapnya kepada Parlemen, Juli lalu.

Saat ini, Kuba yang mendeklarasikan jaringan 3G disambut suka cita, termasuk para jurnalis yang harus update informasi dan wawasannya setiap waktu.

"Ini adalah perubahan yang radikal. Saya sekarang dapat memperbarui berita dari mana pun saya berada, termasuk di mana berita itu terjadi," kata Yuris Narido yang sehari-hari memantau beberapa situs berita yang dikelola pemerintah dan televisi.



ETECSA, perusahaan telekomunikasi Kuba, telah meluncurkan paket data seluler sejak Desember, yang awalnya diperuntukkan bagi perusahaan dan kedutaan.

Setelah ini, ETECSA berjanji akan memperluas ketersediaan akses 3G agar bisa menjangkau lima juta pelanggan telepon selulernya, yang setara dengan setengah dari populasi Kuba. (rns/rns)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed