Selasa, 17 Jul 2018 18:06 WIB

Rp 810 Triliun! Jarak Kekayaan Bezos dengan Bill Gates

Agus Tri Haryanto, Agus Tri Haryanto - detikInet
CEO Amazon Jeff Bezos dan Pendiri Microsoft Bill Gates. Foto: Business Insider CEO Amazon Jeff Bezos dan Pendiri Microsoft Bill Gates. Foto: Business Insider
Jakarta - Jeff Bezos kini menjadi orang paling kaya sedunia di era modern. Bayang-bayang pendiri Microsoft Bill Gates sebagai manusia tajir di planet Bumi pun mulai sirna.

Bezos kini mengantongi kekayaan bersih hingga USD 150 miliar atau setara Rp 2.156 triliun, baik dari saham Amazon dan harta lainnya. Pencapaian tersebut tentunya mengalahkan kekayaan Gates yang sempat menyentuh USD 149 miliar pada 1999.

Dengan kekayaan tersebut, Bezos mematahkan rekor baru dan dinobatkan sebagai orang paling kaya di dunia sepanjang masa di era modern.



Meroketnya harta pria berkepala plontos ini, sudah mulai terasa sejak awal 2018. Ketika itu, kekayaan Bezos naik lebih dari USD 45 miliar atau Rp 647 triliun, termasuk naik hampir USD 11 miliar atau Rp 158 triliun dalam waktu kurang dari sebulan.

Saham Amazon kembali meningkat drastis pada Senin waktu setempat, bertepatan dengan dimulainya Prime Day, hari belanja online ala Amazon yang menawarkan harga khusus untuk mendorong lebih banyak pembelian.

Meski sebagai bos Amazon, nyatanya Bezos sebenarnya hanya menguasai saham perusahaan 16%. Dalam beberapa tahun terakhir, Bezos menjual beberapa miliar saham perusahaan. Hal itu perlu ditempuh guna membiayai perusahaan roketnya, Blue Origin.

Bezos pertama kali muncul di daftar 400 orang terkaya Amerika Serikat di Forbes pada tahun 1998. Saat itu, ia memiliki pundi-pundi USD 1,6 miliar, satu tahun setelah Amazon dirilis ke publik.

Sementara itu, Gates kini menempati urutan ke posisi kedua orang paling kaya di dunia berdasarkan Forbes, Selasa (17/7/2018). Pria berumur 62 tahun itu kini mempunyai kekayaan bersih USD 93,6 miliar atau Rp 1.345 triliun.

Bila dibandingkan dengan kekayaan Bezos dan Gates, maka selisihnya semakin menjauh. Saat ini sudah mencapai USD 56,4 miliar atau Rp 810 triliun.



Rupanya, berkurangnya kekayaan Gates karena ia memberikan lebih dari USD 35 miliar atau Rp Rp 503 miliar untuk kegiatan filantropi dalam beberapa dekade terakhir. Sebagian besar disumbangkan ke kantong Bill and Melinda Gates Foundation.

Sedangkan Bezos yang 'kurang dermawan' tengah mencari cara untuk sedekahkan hartanya. Bos Amazon ini pernah memberikan USD 33 juta ke TheDream.USD, sebuah organisasi yang mendanai beasiswa untuk siswa menengah imigran tanpa dokumen yang tinggal di Negeri Paman Sam.

Tahun lalu, Bezos mengumpulkan ide dari netizen setelah ia mencuit di akun Twitter miliknya untuk memberikannya saran soal aksi filantropi apa yang harus ia dukung. Tidak disebutkan angkanya, belum lama ini dia hanya mengatakan lebih dekat untuk melakukannya.

(agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed