Senin, 16 Jul 2018 17:00 WIB

E-Commerce Jadi Buruan Perlengkapan Sekolah

Agus Tri Haryanto - detikInet
Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy Ilustrasi. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta - Sebelum tahun ajaran baru dimulai pada hari ini, Senin (16/7) orang-orang sudah lebih dulu mencari perlengkapan sekolah. Di era digital seperti sekarang, masyarakat pun mencarinya perlengkapan tersebut di situs e-commerce.

Seperti yang tercatat di Tokopedia, penjualan perlengkapan sekolah di situsnya meningkat tajam. Berdasarkan data, mulai dari pensil, buku tulis, dan pulpen menjadi tiga kata kunci yang paling dicari di platform mereka.



Selain tiga produk di atas, penjualan perlengkapan sekolah di Tokopedia yang lain diklaim juga mengalami peningkatan. Data ini terhimpun sampai 12 Juli 2018. Produk yang dimaksud, antara lain:

  • Penjualan tas anak sekolah meningkat lebih dari 17 kali lipat
  • Penjualan botol minum meningkat lebih dari 11 kali lipat
  • Penjualan buku tulis meningkat hampir 8 kali lipat
  • Penjualan pensil/kotak pensil meningkat lebih dari 7 kali lipat
  • Penjualan pulpen meningkat hampir 7 kali lipat
Terkait peningkatan penjualan perlengkapan sekolah ini, Tokopedia mengatakan bahwa hal tersebut sebagai refleksi semakin tingginya animo masyarakat Indonesia terhadap belanja online.

"Untuk itu, momentum seperti tahun ajaran baru ini menjadi peluang besar yang harus dimanfaatkan secara maksimal oleh para penjual," kata Garri Juanda, Associate Vice President Tokopedia - Seller Experience melalui keterangan tertulisnya.

Vonny Sataputeri, salah satu penjual perlengkapan sekolah di Tokopedia, menuturkan omzet jelang tahun ajaran baru meningkat signifikan. Ia sejak jauh hari menyiapkan persediaan barang guna menghadapi permintaan karena bisa melonjak 100% dari normal."Juli ini naik mencapai Rp 60-70 juta per bulan," klaim Vonny.



"Stok diperbanyak untuk perlengkapan sekolah dan produk pendampingnya, misal tas sekolah dengan bag tag-nya karena semakin lengkap semakin nyaman untuk pembeli berbelanja di toko kita, ya jadi one-stop solution, nggak perlu susah-susah lagi nyari," jelas Vonny.

Rupanya tiap menjelang tahun ajaran baru, data Tokopedia menunjukkan adanya peningkatan transaksi pada sejumlah barang kebutuhan sekolah.

Coba memaksimalkan peluang bagi penjual keperluan sekolah dan kemudahan bagi yang butuh, Tokopedia menghadirkan laman khusus berupa hot list dengan memasukkan beberapa barang terkait perlengkapan sekolah seperti tas sekolah, sepatu dan tempat pensil. (agt/fyk)

Redaksi: redaksi[at]detikinet.com
Informasi pemasangan iklan
Hubungi: sales[at]detik.com
News Feed